Keislaman

Tingkatkan Kepedulian Antar Umat Islam dengan Saling Mengingatkan Kebenaran

Kehidupan dunia yang kita jalankan sejatinya menawarkan berbagai macam pilihan. Beberapa di antara kita bertumbuh dan berkembang memanfaatkan lingkungan yang mendukung untuk mencapai kesuksesan. Namun, di luar sana nyatanya juga ada pihak-pihak yang tak seberuntung kita. Kesulitan hidup sering kali menjadi alasan mengapa mereka memilih jalan yang salah. Tidak jarang, hal tersebut juga menjadi penyebab utama terjerumusnya seseorang dalam maksiat.

Terkait hal ini, umat Islam dianjurkan untuk dapat saling peduli. Kepedulian tersebut bisa dilakukan melalui upaya mengingatkan dan menasehati dalam kebaikan dan kesabaran. Hal ini pula yang sejatinya diperintahkan langsung oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada hamba-Nya. Sebagaimana diketahui dalam al-Qur’an bahwasanya Allah berfirman,

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. al-‘Ashr: 1-3)

Ayat di atas menjelaskan tentang peringatan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada hamba-Nya untuk tidak menjadi bagian dari orang-orang yang merugi. Hal ini secara tidak langsung sejatinya juga menjadi perkara yang diperintahkan Allah pada kita untuk dapat senantiasa memperkaya amalan saleh. Amalan saleh dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah saling mendukung dalam kebenaran dan kesabaran. Dua hal ini sejatinya termasuk dalam perbuatan yang sangat dianjurkan.

Bukan tanpa sebab, pasalnya mendukung kebenaran dan kesabaran adalah bentuk atau wujud dari kepedulian antar sesama umat Islam. Maka dari itu, hal ini hendaknya dilakukan dengan sepenuh hati dan dengan cara yang tepat. Mengingatkan orang lain tentang kebenaran tidak boleh disampaikan dengan cara sembarangan. Umat Islam wajib menjaga perasaan antar sesama agar tujuan dari memperkaya amalan saleh bisa dicapai sempurna. Jika tujuan dan caranya pun telah sesuai, tentu saja Allah Subhanahu wa Ta’ala akan membalasnya dengan pahala yang luar biasa besarnya.

Related Articles

Back to top button