Keislaman

Sholat Subuh Berjamaah, Keistimewaan yang Rugi Ditinggalkan

Mendapatkan pahala serta keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadi salah satu hal yang begitu diinginkan oleh umat Islam. Pahala mampu menjadi alasan bagi kita menuju Surga-Nya Allah. Sementara keberkahan memungkinkan kita memiliki kehidupan yang senantiasa dikelilingin oleh rahmat Allah Ta’ala. Kedua hal ini sejatinya merupakan sebaik-baiknya hadiah yang diberikan Allah kepada hamba-Nya. Namun, tentu saja menggapai keduanya tidak bisa dilakukan tanpa upaya.

Menjalani perintah Allah dengan senantiasa menjauhi larangan-Nya adalah salah satu hal yang dapat kita lakukan. Perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala seperti sholat fardhu merupakan pekerjaan yang wajib dilakukan oleh umat Islam. Namun, tentu saja akan lebih mendatangkan banyak keberkahan ketika ibadah fardhu tersebut dijalankan secara berjamaah. Sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

“…dan barangsiapa sholat subuh berjamaah, seolah-olah ia menegakkan sholat semalam suntuk” (HR. Muslim)

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu keutamaan dari sholat subuh berjamaah. Rasulullah berpesan pada umatnya bahwa amalan ibadah tersebut menawarkan keistimewaan yang luar biasa. Tepat sekali, mereka yang mengerjakan sholat subuh berjamaah mendapatkan keutamaan seolah-olah menegakkan sholat semalam suntuk. Kata ‘menegakkan’ memiliki makna bahwa pahala dari sholat subuh berjamaah sebanding dengan pahala mengerjakan dan menjaga sholat malam.

Bagaimana tidak? Waktu subuh adalah waktu yang dianggap utama. Di saat tersebut, setiap orang tengah terlelap dalam tidur malamnya. Tentu saja, bangun di waktu ini untuk melakukan kewajiban pada Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah tantangan yang luar biasa. Maka dari itu, menjalankan sholat subuh berjamaah menjadi salah satu hal yang dapat menjanjikan pahala luar biasa. Keutamaannya mampu menjadikan alasan bagi Allah untuk menurunkan pahala dan keberkahan bagi hamba-Nya.

Related Articles

Back to top button