Infak & Sedekah

Balasan Allah Sangat Cepat Meski Sedekah Baru Sekedar Niat

Bersedekah sering kali menjadi pilihan amalan yang mudah dilakukan oleh kaum Muslimin. Bukan tanpa alasan, pasalnya perbuatan baik yang satu ini dapat dilakukan melalui beragam hal selama niat yang kita tujukan semata-mata hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala saja. Namun, tak banyak yang tahu sejatinya ada hal yang bahkan lebih istimewa dari fakta tersebut. Tepat sekali, balasan Allah pada hamba-Nya yang berniat sedekah diyakini lebih banyak dan cepat dibanding dengan sedekah yang dilakukan.

Sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari kecepatan gerakan sedekahnya.” (Hadist Qudsi)

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang Maha Pemurah. Dia begitu menyayangi hamba yang dengan tulus dan ikhlas memiliki niat baik terhadap sesuatu hal. Sedekah menjadi salah satu perkara yang memungkinkan unsur niat memengaruhi kemurahan hati Allah. Ya, bagi mereka yang bersedekah atas nama Allah Subhanahu wa Ta’ala akan dibalas dengan cepat melebihi gerakan sedekahnya atau bahkan meski sedekah tersebut masih sekedar niat.

Tepat sekali, Allah tak hanya Maha Pemurah tapi juga Maha Mengetahui. Dia mengetahui segala macam niat yang tertanam dalam hati hamba-Nya. Niat baik tentu saja akan dibalasa dengan kebaikan. Sebaliknya, niat jahat pun juga akan dibalasa dengan kejahatan. Begitulah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sifat-Nya begitu sempurna dan tak pernah memperhitungkan pemberian-Nya selama kita pun tak memperhitungkan perbuatan amal yang kita lakukan. Bersiaplah akan keberkahan dalam hidup kita.

Related Articles

Back to top button