Keislaman

Ramadhan Bersama Qur’an Janjikan Pahala Berlimpah

Keistimewaan Ramadhan nyatanya merupakan hal yang luar biasa. Bagaimana tidak? Kesempatan bagi umat Islam untuk memborong pahala di bulan suci ini seolah-olah tidak ada habisnya. Bahkan, pahala tersebut berpeluang untuk dilipat-gandakan jumlahnya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di antara banyak cara untuk bisa memeroleh hal serupa adalah dengan memperbanyak aktifitas amal, salah satunya tadarus Qur’an.

Sesuai dengan hadist dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu yang berkata bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi)

Hadist di atas menerangkan tentang fadhilah tadarus Qur’an, terutama bila dilakukan di bulan suci Ramadhan. Rasulullah kepada umatnya menyampaikan hal yang sangat istimewa terkait amalan tersebut. Menurut beliau Shallallahu alaihi wa sallam, terdapat kebaikan dari setiap huruf-huruf al-Qur’an yang kita baca. Dalam setiap huruf al-Qur’an tersebut, Allah Subhanahu wa Ta’ala akan membalasnya dengan 10 kali lipat balasan.

Tentu saja, hal ini menjanjikan pahala yang luar biasa banyaknya. Bagaimana tidak? Setiap satu huruf al-Qur’an yang kita baca terutama di bulan Ramadhan berpeluang mendapatkan 10 kebaikan. Bayangkan, apa bila kita membacanya lebih dari sekedar 100 huruf tentu akan ada 1000 kebaikan yang mungkin saja kita terima. Begitulah cara Allah membuat Ramadhan ini begitu istimewa dan mulia. Deretan pahala dan kebaikan lainnya menunggu kita untuk dengan segera memperkaya amal ibadah.

Related Articles

Back to top button