Keislaman

Namimah, Perlakuan Adu Domba yang Muncul Akibat Fitnah

Namimah merupakan salah satu perbuatan yang dianggap paling buruk dalam ajaran Islam. Orang yang memelihara sifat ini biasanya senang mengadu domba orang lain. Menghasut, menjatuhkan, hingga memfitnah adalah beberapa cara yang ia lakukan untuk memunculkan perselisihan antara dua orang.

Perbuatan namimah sangatlah ditentang dalam Islam. Allah SWT memperingatkan hamba -Nya untuk tidak terjerumus dalam keburukan ini. Sebagaimana dalam Al – Qur’an Allah berfirman,

“Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina, yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah (adu domba).” (QS. Al-Qalam ayat 10-11)

Dalam ayat di atas, Allah memerintahkan kita untuk menjauhkan diri dari sikap namimah. Bukan tanpa alasan, pasalnya hal yang dilakukan oleh orang yang gemar mengadu domba sangatlah tidak terpuji. Kebohongan yang disebarkannya bertujuan untuk merusak hubungan antara dua orang.

Maka dari itu, hendaknya kita sebagai umat Muslim dapat menjaga diri dari sikap – sikap tidak terpuji. Tujuannya adalah agar silaturahmi antar sesama dapat tetap terjaga. Hal inilah yang sejatinya disenangi oleh Allah SWT, yaitu tercapainya kesatuan dan persatuan antar umat Muslim.

Related Articles

Back to top button