Keislaman

Memohon Ampun, Doa Terbaik Penutup Akhir Tahun Hijriyah

Tahun baru Hijriyah menjadi momen yang begitu berarti bagi umat Islam. Bagi beberapa kalangan mungkin saja akan merayakannya dengan memperbanyak sedekah pada sesama. Ada pula yang gencar merutinkan puasa sunnah seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Namun, sebelum pergantian tahun dimulai kita bahkan lebih dianjurkan untuk membaca doa.

Berikut doa yang biasa dilantunkan oleh Rasulullah:

Bismillahirrahmanirrahim. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan keselamatan kepada Sayyidina Muhammad, keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, amal yang telah aku lakukan pada tahun lalu, namun tidak Engkau ridhai, amal yang telah aku lupakan namun tidak Engkau lupakan, Engkau telah berbuat bijak kepadaku meskipun sebenarnya mampu untuk menghukumku, Engkau menyeru kepadaku untuk bertobat setelah kenekatanku (bermaksiat) kepada-Mu,

Ya Allah sungguh Aku memohon ampunan kepadamu dari amal itu, maka ampunilah diriku. Ya Allah, dan amal yang telah aku lakukan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan pahala dan ampunan atasnya, maka terimalah amal itu dariku. Jangan engkau putus harapanku kepada-Mu, wahai Zat Yang Maha Mulia, wahai Zat Yang Paling Maha pengasih dari para kekasih. Semoga Allah Ta’ala melimpahkan shalawat dan keselamatan kepada Sayyidina Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya.

Doa penutup tahun ini hendaknya dibaca setelah sholat Ashar. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam biasa melantunkannya sebanyak tiga kali. Sebagian besar dari doa ini berisi permohonan ampun pada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tentu saja, kita juga dapat menambahkan harapan lain agar bisa menjalankan tahun baru kali ini dengan lebih baik lagi. Jangan lupa, sertakan pula sholawat dan salam kita pada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

Related Articles

Back to top button