Keislaman

Memahami Keutamaan Menjaga Wudhu: Melepas Belenggu dan Hasutan Setan

Allah Subhanahu wa Ta’ala sangat mencintai hamba- Nya. Begitu cintanya hingga setiap perbuatan baik sederhana yang kita lakukan pasti membuahkan pahala, salah satu contohnya adalah menjaga wudhu sebelum tidur. Tepat sekali, barang siapa yang senantiasa membiasakan diri untuk berwudhu sebelum istirahat malam maka Malaikat Allah akan menemani tidurnya sekaligus memohonkan ampun untuk dirinya.

Hal yang lebih utama lagi adalah ketika dalam istirahat malam kita terbangun dan mampu kembali menyempurnakan wudhu, maka sejatinya kita telah terlepas dari ikatan setan. Sebagaimana dalam suatu hadist, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

”Setan akan datang mengikat ujung kepala kalian ketika sedang tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatan setakan akan dibisikkan,” Kamu masih memiliki malam yang panjang, maka tidurlah.” Jika engkau bangun dan mengingat Allah, maka akan terlepaslah ikatan pertamamu. Apabila engkau kemudian berwudhu maka akan terlepaslah ikatan kedua. Dan jika engkau melakukan shalat, maka akan terlepaslah ikatanmu yang ketiga. Jika engkau tidak melakukan ketiga hal itu, niscaya hatimu akan menjadi sesat dan malas.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Melalui hadist di atas, Rasulullah memperingati umatnya untuk tidak terlalu menikmati kenyamanan saat tidur lelap di tengah malam. Meski sejatinya manusia membutuhkan tidur untuk mengembalikan tenaga, namun bermunajat kepada Allah di sepertiga malam terakhir lebih utama. Ya, ketika kita tengah tertidur lalu terbangun dan mengingat Allah maka akan terlepaslah ikatan pertama yang dibuat setan untuk menghasut kita.

Jika setelahnya kita lantas menggerakkan badan untuk kembali menyempurnakan wudhu, maka terlepaslah ikatan kedua yang dibuat oleh setan. Lalu jika setelah berwudhu lantas kita mampu menetapkan hati untuk melakukan qiyamul lail dibanding kembali tertidur, maka terlepas pulalah ikatan setan yang ketiga. Begitulah sejatinya kebaikan dari menjaga wudhu. Mesk terbilant sederhana, perbuatan ini nyatanya mampu mendatangkan manfaat luar biasa bagi diri kita.

Related Articles

Back to top button