Keislaman

Kunci Utama Memanfaatkan Hidup di Dunia Agar Tak Merugi di Akhirat

Dalam kehidupan sehari- hari, tentu sahabat dermawan pernah mendengar ungkapan yang menyatakan ‘hidup di dunia hanya sekali, maka dari itu jangan menyia-nyiakannya’ bukan? Terkait ungkapan tersebut, beragam makna pun akhirnya diserap. Namun, kebanyakan dari kita memiliki pandangan bahwa kesempatan menikmati dunia tidaklah lama, maka dari itu sebaiknya lakukanlah hal yang kita sukai. Meski sejatinya tidaklah salah, sayangnya banyak yang menyalah-artikan maksud yang sebenarnya.

Makna ‘melakukan hal yang disukai’ justru menjadi awal mengapa banyak di antara kita yang seenaknya menjalani kehidupan. Tidak jarang, hal tersebut justru membuat kita menghalalkan hal yang haram dan sebaliknya. Pada kenyataannya, hendaknya sebagai Muslim yang baik kita mampu memanfaatkan kesempatan hidup di dunia agar tidak menjadi orang yang merugi di akhirat kelak. Lantas, terkait hal ini sejatinya apa yang harus kita lakukan? Sebagaimana dalam al-Qur’an, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Faathir: 29-30)

Ayat di atas menjelaskan tentang cara terbaik yang bisa kita tempuh dalam memanfaatkan waktu di dunia. Cara tersebut sesuai tuntunan Qur’an memungkinkan kita untuk tidak menjadi orang yang hanya berbekal kerugian saja menuju akhirat kelak. Terkait hal ini, Allah Ta’ala memerintahkan hamba-Nya untuk senantiasa memanfaatkan hidup dengan melakukan tiga hal. Hal pertama adalah senantiasa membaca kitab suci al-Qur’an. Perbuatan ini hendaknya juga bisa diteruskan dalam kehidupan sehari-hari dengan senantiasa mengamalkan ajaran di dalamnya.

Allah juga memerintahkan kita untuk melaksanakan sholat sebagai bentuk ketaatan pada diri-Nya. Hal ini kelak akan sejalan dengan pemanfaatan rejeki yang Allah Ta’ala berikan untuk dibelanjakan di jalan Allah semata. Bagi mereka yang mampu melakukan ketiga hal tadi semasa hidup di dunia, tentu manfaatnya sangat besar yakni tidak akan menjadi golongan yang hanya merugi. Untuk mereka, Allah akan menyempurnakan pahala dan menambah karunia-Nya. Itulah sebaik-baiknya balasan bagi mereka yang mampu memanfaatkan kesempatan hidup di dunia hanya di jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala semata.

Related Articles

Back to top button