Keislaman

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit di Bulan Suci Muharram

Umat Islam sangat dianjurkan untuk banyak melakukan perbuatan baik di bulan suci. Bukan tanpa alasan, pasalnya akan ada beragam keutamaan yang bisa kita dapatkan. Salah satu momen yang wajib kita manfaakan sebaik mungkin adalah bulan Muharram. Selain memperbanyak puasa dan sholat sunnah, meluaskan belanja terhadap keluarga juga dianjurkan.

Tidak hanya itu, menyambung tali silaturahmi juga mampu mendatangkan banyak faedah. Namun, sejatinya ada hal lain yang keutamaannya setara dengan perbuatan-perbuatan amal yang telah disebutkan tadi. Tepat sekali, menjenguk orang yang tengah terbaring sakit disinyalir juga mampu menjadi sebab mengapa kita berlimpah pahala. Sebagaimana tertulis dalam kitab Kanzun Naja was Surur Fi Ad’iyyati Tasyrahus Shudur,

Ada sepuluh amalan di dalam bulan ‘Asyura, yang ditambah lagi dua amalan lebih sempurna. Puasalah, shalatlah, sambung silaturrahim, ziarah orang alim, menjenguk orang sakit dan celak mata…”

Di sisi yang sama, Rasulullah juga sangat menganjurkan umatnya untuk dapat melakukan amalan sunnah ini. Sebagaimana diketahui dalam suatu hadist, bahwasanya Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang Muslim (yang sedang sakit) maka seakan-akan dia berjalan sambil memetik buah-buahan surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore hari. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat akan mendoakannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba” (HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad)

Hadist di atas menjelaskan tentang keutamaan menjenguk orang sakit. Perbuatan baik ini, terutama bila dilakukan di bulan suci mampu mendatangkan balasan luar biasa. Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menurunkan rahmat-Nya sederas mungkin. Bahkan Dia berjanji akan mengirimkan rahmat tersebut melalui doa dari para malaikat yang menjadi saksi atas perbuatan baik ini.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak tujuh puluh ribu malaikat akan mendoakan mereka agar Allah menurunkan rahmat-Nya. Begitulah sejatinya kebaikan dari perbuatan menjenguk orang sakit. Selain mampu mendatangkan balasan beribu-ribu kali lipat, perbuatan ini juga dapat menjadi sumber kekuatan untuk sembuh dari mereka yang sakit. Mari Sahabat, manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Related Articles

Back to top button