Keislaman

Keutamaan Memelihara Sholat Fardhu Berjamaah di Masjid

Sholat fardhu merupakan ibadah wajib bagi umat Islam. Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memperhitungkan amalan ini pertama kali saat hamba-Nya telah memasuki masa hisab. Hal tersebut sejatinya ditekankan bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, sholat fardhu diyakini sebagai tiang yang menyangga keyakinan akan agama Islam dalam hati kaum Muslimin. Maka dari itu, sholat fardhu amatlah penting. Terutama bagi kaum laki-laki, ibadah wajib ini dianjurkan pelaksanaannya di rumah Allah.

Hal ini sebagaimana tertulis di dalam al-Qur’an bahwasanya Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat” (QS. At Taubah: 18)

Ayat di atas menjelaskan tentang makna dari anjuran memakmurkan masjid. Melalui firman-Nya ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala sejatinya mewajibkan atas kaum Muslimin untuk melaksanakan sholat fardhu secara berjamaah di masjid. Bukan tanpa sebab, pasalnya orang-orang yang senantiasa berangkat ke masjid dengan meninggalkan segala urusan dunianya sejatinya merupakan tanda orang yang bertakwa kepada Allah sekaligus tanda dari orang yang meyakini kedatangan Hari Kiamat.

Di sisi lain, sholat fardhu secara berjamaah juga menjanjikan pahala berlipat ganda. Allah Subhnahu wa Ta’ala akan memberikan balasan setara dengan 27 derajat pada hamba-Nya yang senantiasa menjaga sholat berjamaah. Tidak hanya itu, pahala ini akan terus mengalir kepada seorang hamba selama ia benar-benar mendirikan sholat dengan cara yang dianjurkan. Begitulah sejatinya kebaikan dari melaksanakan sekaligus memelihara rutinitas sjolat fardhu berjamaah di masjid.

Related Articles

Back to top button