Keislaman

Keutamaan Bersholawat di Hari Jum’at: Dileburkannya Dosa-Doaa

Sholawat adalah sumber syafaat bagi umat Islam di hari Kiamat. Kita dianjurkan untuk dapat memperbanyak amalan ini terutama di hari Jum’at. Bukan tanpa sebab, pasalnya bersholawat di hari paling utama bagi kaum Muslimin tersebut nyatanya mampu mendatangkan manfaat lainnya. Salah satu keutamaan yang bisa didapatkan adalah dileburkannya seluruh dosa-dosa.

Hal ini sebagaimana diketahui dalam suatu hadist dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, ia berkata bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

Barangsiapa yang bersholawat kepadaku di hari Jumat sebanyak 80 kali niscaya Allah akan mengampuni dosanya selama 80 tahun. Ada yang bertanya kepada beliau: Wahai Rasulullah, bagaimana cara bershalawat atasmu? Beliau menjawab: Ucapkan ‘Allahumma sholli alaa Muhammadin ‘abdika wa Rasulika an-Nabiyyil ummiy,’ ini dihitung satu kali.”

Hadist di atas menjelaskan tentang anjuran Rasulullah pada umatnya untuk memperbanyak sholawat di hari Jum’at. Sejatinya ada kebaikan tersendiri yang bisa kita dapatkan. Beliau berpesan barang siapa di antara umatnya bersholawat di hari Jum’at sebanyak 80 kali maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengampuni dosa-dosa yang telah dilakukannya selama 80 tahun belakangan.

Sungguh, hal tersebut adalah balasan yang teramat besar bukan? Meluangkan waktu di hari Jum’at untuk melantunkan sholawat atas Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebanyak 80 kali saja sejatinya belum sebanding dengan hal yang Allah balas. Maka dari itu, gunakanlah kesempatan emas ini sebaik mungkin mengingat segala macam dosa-dosa masa lampau berpeluang untuk dilebur dan diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Related Articles

Back to top button