Keislaman

Keutamaan Bangun Awal untuk Rejeki yang Berkah dan Halal

Jum’at menjadi kesempatan bagi umat Islam untuk memeroleh banyak pahala. Bagaimana tidak? Di hari istimewa ini segala pahala kebaikan dilipat-gandakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka dari itu, memperbanyak amalan sunnah di hari ini sangatlah dianjurkan. Salah satu di antara amalan yang dapat membawa dampak baik bagi pelakunya adalah senantiasa bangun lebih awal di hari Jum’at. Selain untuk mempersiapkan diri sebelum pelaksanaan sholat Jum’at, bangun lebih awal juga menjadi tanda bahwa diri kita siap mencari rejeki yang halal.

Bagi mereka yang senantiasa melakukannya, Allah Subhanahu wa Ta’ala akan merasa amat senang. Hal ini sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala senang melihat hamba-Nya bersusah payah (kelelahan) dalam mencari rezeki yang halal.” (HR. Adailami)

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu hal yang membuat Allah Subhanahu wa Ta’ala merasa senang terhadap hamba-Nya. Hal tersebut adalah upaya kita mencari nafkah halal di pagi hari. Meski sejatinya bukanlah perkara mudah, mencari nafkah halal di pagi hari yang membuat kita cukup kelelahan menjadi salah satu poin utama bagi Allah untuk mendatangkan rejeki pada kita. Allah Subhanahu wa Ta’ala menyukai cara kita yang senantiasa berada di jalur-Nya dalam hal apa pun terutama dalam langkah mencari rejeki.

Insya Allah, dengan senantiasa mengikuti anjuran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tersebut, kita bisa memeroleh pahala kebaikan dari upaya kita mencari nafkah. Hal ini bahkan semakin utama apa bila nafkah tersebut kita pergunakan sebaik mungkin dengan senantiasa membelanjakannya di jalan Allah Ta’ala. Maka dari itu, tidak ada lagi alasan bagi Allah untuk menjauhkan rejeki yang halal dan berkah bagi hamba-Nya yang senantiasa menjaga syariat agama Islam dalam hidupnya apa lagi dalam cara mencari rejeki yang halal.

Related Articles

Back to top button