Pendidikan

Doa Menuntut Ilmu Sesuai dengan Hadist yang Bisa Diterapkan Anak-Anak

Pendidikan dasar hingga jenjang menengah atas adalah tahap yang harus dijalani oleh sebagian besar anak-anak di Indonesia. Maka dari itu, berbagai kemudahan pendidikan diberikan oleh negara tercinta kita, Indonesia untuk mendukung masyarakatnya berilmu pengetahuan yang baik. Tentu saja, hal ini sejatinya juga merupakan tanda kemudahan yang dihadirkan Allah Subhanahu wa Ta’ala pada hamba-Nya. Namun, apalah arti sebuah jalan mudah tanpa adanya upaya dari diri pribadi? Terkait hal ini, umat Islam juga harus senantiasa berdoa untuk mendukung upaya dalam menuntut ilmu.

Sebagai orang tua, sudah merupakan kewajiban bagi kita untuk membimbing buah hati tak hanya dalam perkara kewajiban menuntut ilmu saja tapi juga berdoa pada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka dari itu, berikut doa menuntut ilmu yang bisa dimanfaatkan untuk membantu buah hati lebih mudah dalam menerima pelajaran. Hal ini sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdoa yang berbunyi sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ انْفًًًًًًََعْنِيْ مَا عَلَّمْتَنِيْ وَعَلِّمْنِيْ مَا يَنْفَعُنِيْ وَزِدْنِيْ عِلْماً

Artinya:

Ya Allah, berilah manfaat atas apa yang Engkau ajarkan kepadaku, ajarilah aku hal-hal yang bermanfaat bagiku, dan tambahilah aku ilmu [HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Mâjah, dishahihkan al-Albâni]

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu doa yang sering diucapkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Doa tersebut berisikan tentang permohonan untuk mendapatkan manfaat dari segala hal baik yang ada di dunia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk senantiasa mengajari hal-hal yang bermanfaat saja. Tentu, hal yang bermanfaat ini harus dapat dipergunakan untuk membantu kita menghadapi kehidupan di akhirat nanti.

Hal serupa sebaiknya juga harus dilakukan anak-anak selama hidupnya. Orang tua terutama hendaknya menjadi pihak pertama yang membantu buah hati mereka dalam menempuh kebaikan di dunia. Doa di atas ditujukan agar anak-anak dapat menuntut ilmu sekaligus mengambil manfaat kebaikan dari setiap hal yang didapatkannya. Manfaat tersebut juga sebaiknya harus dapat dipergunakan untuk menyelamatkan kehidupan mereka di akhirat kelak. Maka dari itu, ilmu yang baik yang ditempuh dengan cara yang tepat akan menuntun kehidupan mereka agar selalu sesuai dengan syariat.

Related Articles

Back to top button