Keislaman

Ketahui, Ini yang Perlu Dilakukan Para Muslimah Sebelum Keluar Rumah

Kegiatan keagamaan kini tak sekedar dapat disaksikan dari stasiun televisi saja. Sudah lama, acara-acara ceramah hingga kampanye galang dana untuk kaum duafa semakin sering dilakukan di masjid. Hal ini membuat kunjungan jamaah ke rumah Allah tersebut semakin intens dan tak terelakkan lagi. Selain kaum Muslimin, para Muslimat juga tampak semakin aktif menyibukkan diri di masjid meski bukan selalu untuk ibadah. Sayangnya, tak banyak yang tahu aturan yang wajib dicermati oleh para Muslimat yang ingin menghabiskan waktunya di masjid tersebut. Aturan ini berkaitan pula tentang sikap yang semestinya diambil oleh para Muslimin ketika kaum Muslimat ingin mengunjungi rumah ibadah.

Hal ini sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Apabila wanita-wanita kalian meminta izin kepada kalian untuk pergi ke masjid, maka berikanlah izin kepada mereka.” (Shahih Muslim 669)

Hadist di atas menjelaskan tentang hal yang sebaiknya dilakukan oleh kaum Muslimin ketika ada kaum Muslimat di rumahnya yang ingin pergi ke masjid. Kepada para sahabat dan umatnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan bahwa hendaknya para laki-laki dapat memberikan izin kepada istri atau saudara perempuannya yang ingin berkunjung ke masijd dengan tujuan baik apa pun. Adanya anjuran ini sejatinya juga merupakan sebuah aturan yang harus dipatuhi oleh kaum Muslimat yang ingin pergi ke luar. Aturan tersebut adalah kewajiban untuk meminta izin pada siapa saja kaum Muslimin yang ada di rumahnya baik ayah mereka atau pun suami mereka.

Aturan ini dibuat tentunya dengan tujuan untuk menjaga kemuliaan kaum perempuan. Dengan meminta izin pada laki-laki mahram mereka berarti para Muslimat tengah berupaya untuk menjauhkan diri dari timbulnya kemungkinan fitnah. Tak hanya itu, meminta izin juga diharapkan menjadi cara paling tepat untuk menjaga keamanan diri para Muslimat. Bukan tanpa alasan, pasalnya tempat terbaik bagi kaum perempuan sejatinya adalah rumah mereka. Ketika mereka pergi tanpa didampingi mahram ada baiknya agar selalu meminta izin meski tujuan mereka adalah masjid. Dengan begitu, aktivitas apa pun yang dilakukan selama hal tersebut bersifat positif diharapkan dapat berjalan maksimal karena restu para Muslimin dan berkah dari Allah telah mereka dapatkan.

Related Articles

Back to top button