Zakat

Selain Fidyah, Ini Cara Lain Mengganti Ibadah Puasa Ramadhan

Zakat merupakan penyempurna ibadah puasa Ramadhan. Siapa saja dari umat Islam wajib membayarnya, baik Muslimin atau pun Muslimat, tua atau pun muda. Namun, ada kalanya ibadah puasa yang dijalankan menemukan rintangan. Sebagian besar dari halangan tersebut timbul akibat kondisi fisik yang tak memadai. Maka dari itu, kewajiban bagi umat Islam yang tidak mampu menunaikan ibadah puasa pun bertambah. Tak sekedar berzakat saja, kaum Muslimin dan Muslimat yang berhalangan menunaikan puasa juga wajib membayar fidyah sebagai ganti dari ibadah puasa yang ditinggalkan. Meski pun demikian, tak banyak yang tahu bahwa pembayaran fidyah dapat diganti dengan cara yang lain. Salah satunya adalah dengan seekor kambing.

Hal ini sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

Saya lihat penyakitmu sudah demikian parah, apakah kamu mempunyai seekor kambing?” saya menjawab; “Tidak.” Beliau bersabda: ‘Berpuasalah tiga hari, atau memberi makan kepada enam orang miskin yakni sebanyak setengah sha’ untuk setiap orang dan cukurlah rambutmu.” Ka’ab berkata; Maka ayat ini turun khusus berkenaan denganku, namun bagi kalian bersifat umum.” (HR. Bukhari)

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu cara yang bisa dilakukan umat Islam untuk mengganti ibadah puasa Ramadhan yang ditinggalkan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para sahabat dan umatnya beliau menyampaikan bahwa membayar fidyah adalah pilihan pertama yang dapat ditunaikan oleh orang-orang yang akan mengganti ibadah puasa mereka. Namun, jika sejatinya mereka masih dapat menggantinya dengan mengqada puasa, maka dianjurkan pula untuk bisa menunaikannya di lain kesempatan. Tujuannya adalah agar esensi dari pelaksanaan ibadah puasa tersampaikan yakni menahan diri dari segala hal yang membatalkan mulai dari makan, minum, dan juga syahwat.

Selain membayar fidyah dan mengqada puasa, mengganti ibadah puasa juga dapat dilakukan dengan seekor kambing. Meski tidak disebutkan secara jelas, namun kebanyakan ulama menafsirkan bahwa seekor kambing dimaksud oleh Rasulullah tersebut adalah untuk disembelih guna disalurkan manfaatnya pada sesama yang membutuhkan. Mengadakan seekor kambing untuk disembelih juga dapat membantu kehidupan perekonomian masyarakat sekitar yang membutuhkan. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh umat Islam dalam mengganti ibadah puasa Ramadhan selain dengan membayar fidyah. Semoga cara apa saja yang kita pilih tetap dapat menghadirkan keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, aaamiin.

Related Articles

Back to top button