Keislaman

Keistimewaan Awal Ramadhan, Kebahagiaan Umat Islam

Awal Ramadhan adalah momen yang sangat indah. Bagaimana tidak? Allah Subhanahu wa Ta’ala berjanji menurunkan rahmat pada hamba-Nya yang bersemangat menjalankan ibadah puasa. Hal ini diketahui melalui salah satu sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang berbunyi sebagai berikut,

“Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).” (HR. Abu Hurairah)

Ya, bulan Ramadhan bagi orang-orang mukmin adalah masa-masa yang membahagiakan. Awal kedatangannya pun mampu membawa rahmat Allah Ta’ala. Sebagaimana kita ketahui, rahmat Allah adalah kebaikan yang tidak akan pernah mampu kita mencarinya selain salah satunya di bulan suci ini. Saat rahmat tersebut telah turun, segala berkah dan kemudahan hidup menjadi milik kita. Tidak hanya itu, rasa bahagia yang muncul dalam hati kita pun termasuk dalam salah satu tanda datangnya rahmat Allah.

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk dapat memanfaatkan sebaik mungkin momen awal Ramadhan ini. Bahkan, datangnya bulan Ramadhan juga menjadi tanda dari terbukanya pintu-pintu Surga. Sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda,

Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai.” (HR. Imam Bukhari dan Imam Muslim)

Awal bulan Ramadhan tentu saja menjadi kebahagiaan tersendiri bagi umat Islam. Tak hanya rahmat Allah saja yang akan turun, momen spesial ini juga menjadi tanda dari terbukanya pintu Surga, tempat paling istimewa di akhirat nanti. Maka dari itu, hendaknya umat Islam tidak merasa terbebani dengan kehadiran Ramadhan. Sebaliknya, manfaatkanlah Ramadhan untuk dapat menimba berbagai pahala dari perbuatan-perbuatan baik yang bisa kita lakukan.

Related Articles

Back to top button