Keislaman

Ibadah Qurban: Memahami Kriteria Hewan yang Termasuk Syarat Sah Qurban

Saat berniat melakukan ibadah qurban, sejatinya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah ketentuan terkait hewan qurban yang diperbolehkan untuk disembelih. Secara garis besar, binatang yang diperbolehkan untuk disembelih adalah yang termasuk ke dalam jenis hewan ternak berkaki empat seperti domba, kambing, sapi, dan juga unta.

Satu ekor domba atau kambing cukup untuk diqurbankan atas nama satu orang. Sementara satu ekor sapi atau unta yang disembelih bisa mencakup ibadah qurban atas nama tujuh orang. Dalam memilih hewan qurban, kita juga perlu memerhatikan beberapa hal. Terkait hal ini, Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda:

“Ada empat penyakit pada binatang kurban yang dengannya kurban itu tidak mencukupi. Yaitu yang buta dengan kebutaan yang nampak sekali, dan yang sakit dan penyakitnya terlihat sekali, yang pincang sekali, dan yang kurus sekali.” (HR Tirmidzi seraya mengatakan hadis ini hasan sahih).

Berikut rincian terkait kriteria hewan qurban yang wajib kita ketahui:

  1. Domba yang diqurbankan harus berumur lebih atau sama dengan usia satu tahun.
  2. Kambing yang diqurbankan telah memasuki usia dua tahun atau lebih.
  3. Sapi yang diqurbankan harus berumur lebih atau sama dengan dua tahun.
  4. Setiap hewan yang diqurbankan harus sehat, tanpa cacat seperti umya’ yakni mata yang buta, hatma’ yakni ompong gigi depannya, ashma’ yakni yang kulit tanduknya pecah, taula’ yakni yang mencari makan di perkebunan bukan digembalakan, jarba’ yakni yang banyak penyakit kudisnya, kaki yang pincang, telinga yang terputus, dan juga ekor yang terputus.
  5. Setiap hewan yang diqurbankan tidak boleh sakit dan harus mencapai berat tertentu yang memenuhi standar kesehatan hewan qurban.

Itulah beberapa kriteria hewan qurban yang layak untuk disembelih di hari raya Idul Adha. Hendaknya sebelum memilih dan membeli hewan qurban, kita patut memperhatikan rincian tersebut. Tentu hal ini akan memengaruhi  syarat sahnya ibadah qurban yang kita niatkan dalam hati. Semoga dengan menunaikan ibadah qurban kita termasuk ke dalam golongan hamba yang bersyukur.

Related Articles

Back to top button