Keislaman

Doa yang Bisa Umat Islam Lantunkan Menyambut Awal Tahun Baru Hijriyah

Akhir tahun Hijriyah 1443 H hampir berlalu. Setelah memperbanyak permohonan ampun pada Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai bentuk harapan, kini saatnya kita menyambut awal tahun baru dengan penuh suka cita. Doa yang kembali kita latunkan pun juga diutamakan berisi tentang harapan untuk mendapat limpahan kebahagiaan, keselamatan, kesehatan, penjagaan dari godaan syetan dan lainnya.

Berikut rangkaian doa awal tahun baru Hijriyah yang bisa kita haturkan pada Allah Subhanahu wa Ta’ala,

“Bismillahirrahmanirrahim. Ya Allah Zat pemindah berbagai kondisi, pindahlah kondisiku pada kondisi terbaik dengan daya dan kekuatan-Mu, wahai Zat Yang Maha Agung dan Maha Tinggi. Semoga Allah Ta’ala melimpahkan shalawat dan keselamatan kepada Sayyidina Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya.”

Doa di atas hendaknya dibaca seusai sholat Maghrib dengan diikuti oleh lantunan Ayat Kursi sebanyak 360 kali. Tidak hanya itu, doa ini juga sebaiknya bisa kita lantunkan sebanyak 300 kali dan diikuti pula dengan rangkaian doa di bawah ini yang dibaca sebanyak 3 kali,

“Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Ya Allah, limpahkanlah shalawat, yaitu shalawat yang dapat memenuhi berbagai simpanan-Mu dengan cahaya, shalawat yang menjadi solusi, kebahagiaan dan kesukacitaan bagi kami dan orang-orang beriman, dan juga limpahkanlah keselamatan yang banyak kepada Sayyidina Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

Ya Allah, Engkau Zat Yang Maha Abadi, Maha Qadim, Maha Awal.Yang menjadi andalan manusia hanyalah anugerah-Mu yang agung dan kemurahanmu yang mulia. Ini tahun baru telah tiba. Di dalamnya Aku memohon penjagaan kepada-Mu dari setan dan kekasih-kekasihnya, memohon pertolongan atas nafsu amarah yang memerintahkan keburukan dan memohon tersibukkan diri dengan aktifitas yang dapat lebih mendekatkan diriku kepada-Mu dengan sedekat-dekatnya, wahai Zat Yang Maha Agung dan Maha Mulia. Semoga Allah Ta’ala melimpahkan shalawat dan keselamatan kepada Sayyidina Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.”

Itulah rangkaian doa awal tahun baru Hijriyah yang bisa kita manfaatkan. Jangan lupa, sertakan pula sholawat dan salam kita pada Rasulullah Muhammada Shallallahu alaihi wa sallam. Semoga setiap doa dan harapan yang kita haturkan pada Allah Subhanahu wa Ta’ala bisa dengan segera terwujud di tahun baru yang penuh berkah ini, aaamiin aaamiin yaa robbal alamin.

Related Articles

Back to top button