Keislaman

Balasan bagi Orang yang Berupaya Mandiri dan Bekerja Keras

Menjalani kehidupan di dunia memang membutuhkan pengorbanan. Hal ini semakin besar tantangannya dirasakan terutama oleh kaum laki-laki. Dalam ajaran agama Islam, laki-laki yang sudah masuk dalam usia matang dan baligh tidak lagi wajib dinafkahi oleh orang tuanya. Hal ini tentu saja membuat sebagian besar dari mereka wajib berupaya menjadi pribadi yang mandiri sehingga mampu bekerja keras untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Tepat sekali, mencari nafkah adalah suatu kewajiban bagi kaum laki-laki. Allah Subhanahu wa Ta’ala pun berjanji untuk memberikan balasan bagi mereka yang mampu bekerja keras untuk dirinya. Balasan tersebut bahkan semakin besar dan luas apa bila seorang laki-laki juga berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup orang yang menjadi tanggungannya, seperti istri, anak, atau bahkan ibu mereka. Sebagaimana dalam al-Qur’an, Allah berfirman,

Dan bahwasanya seorang manusia tidak memperoleh selain apa yang telah diusaha­kan­nya. Dan bahwasanya usahanya itu kelak akan di perlihatkan kepa­da­nya. Kemudian akan diberi bala­san kepadanya dengan balasan yang paling sempurna”. (QS. An-Najm: 39-41)

Ayat di atas menjelaskan tentang cara Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas upaya hamba-Nya yang berusaha mandiri dengan senantiasa bekerja keras mencari nafkah. Nafkah adalah hal yang dibutuhkan untuk memenuhi keperluan diri setiap harinya. Mencari nafkah memungkinkan seseorang untuk tidak bergantung pada orang lain. Tidak hanya itu, kemampuan mencari nafkah juga dapat mengurangi angka kemiskinan dalam satu wilayah negara. Kondisi tersebut tentu saja mampu membawa dampak baik bagi banyak pihak.

Orang yang mampu mencari nafkah secara pribadi sesuai dengan kemampuannya dapat membawa kenyamanan bagi orang lain. Hal ini bahkan semakin utama apa bila nafkah tersebut dapat mengalirkan manfaat tak hanya pada dirinya sendiri tapi juga keluarga atau orang lain yang membutuhkan. Kebaikan ini tentu saja sangat disenangi oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka dari itu, tak ada balasan paling sempurna bagi mereka yang berusaha bekerja keras selain pahala yang sangat besar.

Related Articles

Back to top button