Keislaman

Alasan Utama Mengapa Kita Dianjurkan untuk Selalu Menuntut Ilmu

Kehidupan yang sepertinya semakin mudah dijalankan oleh sebagian orang membuat ilmu kini tak lagi dibutuhkan. Kemajuan teknologi adalah penyebab utama mengapa kondisi tersebut dapat terjadi. Segala hal menjadi semakin praktis dilakukan bahkan semakin cepat didapatkan. Alhasil, banyak di antara kita yang justru enggam bekerja keras atau bahkan menggali lebih dalam ilmu-ilmu yang tersimpan dan bermanfaat.

Pada kenyataannya, menuntut ilmu adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk dengan mudah memeroleh Surga. Hal ini sebagaimana dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju Surga.” (HR. Muslim, no. 2699)

Hadist di atas menjelaskan tentang keutamaan menuntut ilmu. Seseorang yang bersusah payah dalam memeroleh ilmu sejatinya tengah mencari jalan paling mudah untuk mendapatkan Surga-Nya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bukan tanpa alasan, pasalnya melalui ilmu yang diperoleh kita dapat menjalani hidup dengan lebih terarah. Ilmu membuat seseorang mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Hal ini akhirnya dapat meminimalisir kemungkinan bagi manusia untuk terjerumus dalam hal-hal yang tidak mendatangkan manfaat. Selain itu, ilmu sejatinya juga dapat menjadi modal bagi seseorang untuk mendapatkan pahala jariyah. Kebaikan ini dapat terjadi ketika kita berbagi ilmu kepada orang yang membutuhkan secara cuma-cuma dan masih akan tetap dimanfaatkan oleh orang tersebut secara berkepanjangan.

Di situlah manfaat dari ilmu yang kita sebarkan mampu mendatangkan pahala yang tak habis-habis. Pahala yang terus menumpuk setiap saatnya tentu saja akan memudahkan jalan seseorang menuju Surga Allah Ta’ala. Maka dari itu, jangan pernah lelah untuk menuntut ilmu. Gali selalu setiap hal yang ingin kita ketahui selama masih dalam cara dan jalan yang tepat. Hindari menggunakan ilmu yang dimiliki untuk berbuat yang hal yang tidak mendatangkan manfaat di akhirat kelak.

Related Articles

Back to top button