Pendidikan

Keutamaan Menjadi Penghapal Qur’an: Dilimpahi Rahmat dan Ketenangan Jiwa

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari seorang penghapal Qur’an. Kebanyakan dari keutamaan tersebut bisa mereka dapatkan kelak di akhirat. Namun, bukan berarti menghapal Qur’an tidak sama sekali memberikan manfaat pada kehidupan dunianya. Pada kenyataannya, Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menurunkan rahmat dan ketenangan jiwa pada mereka yang senantiasa berupaya menghapalkan Qur’an.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, ia berkata bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid), untuk membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya, kecuali akan diturunkan kepada mereka ketenangan, dan mereka dilingkupi rahmat Allah, para malaikat akan mengelilingi mereka dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di hadapan makhluk-Nya yang berada didekat-Nya (para malaikat).” (HR. Muslim)

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu keutamaan menghapal Qur’an. Rasulullah berpesan pada umatnya bahwa aktifitas keagamaan ini mampu mendatangkan rahmat Allah Ta’ala. Rahmat sendiri adalah bentuk dari kasih sayang dan kebaikan yang diberikan Allah pada hamba-Nya. Bagi mereka yang mendapatkan keistimewaan tersebut akan merasakan ketenangan jiwa yang luar biasa. Mereka juga akan semakin qanaah dalam menghadapi kehidupan.

Tidak hanya itu, para penghapal Qur’an kelak juga akan menjadi hamba yang sangat dikenal oleh kalangan malaikat. Bagaimana tidak? Allah Subhanahu wa Ta’ala akan begitu sering menyebut-nyebut nama hamba-Nya yang berusaha mempelajari kitab suci al-Qur’an. Begitulah sejatinya kebaikan yang bisa kita dapatkan dari aktifitas menghapal Qur’an. Ketenangan jiwa sungguh sejatinya merupakan hal yang sangat suli untuk didapatkan.

Related Articles

Back to top button