Keislaman

Alasan Utama bagi Umat Islam untuk Gencar Beribadah Jelang Lailatul Qadar

Lailatul Qadar adalah inti dari Ramadhan. Allah Subhanahu wa Ta’ala merahasiakan keberadaannya agar umat Islam semakin gencar memperbanyak amal ibadah. Malam yang disinyalir memiliki kemuliaan yang melebihi seribu bulan tersebut sudah tentu menjadi saat yang paling dinantikan oleh seluruh umat Islam. Bukan tanpa sebab, pasalnya terdapat banyak kebaikan yang diturunkan Allah tepat di malam ini.

Sayangnya, minimnya pengetahuan tentang Lailatul Qadar membuat kebanyakan di antara kita masih menyia-nyiakannya. Padahal, kemuliaan malam ini hadir lantaran pada saat tersebut Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan ketetapan bagi seluruh umat manusia. Sebagaimana tertulis di dalam al-Qur’an bahwasanya Allah berfirman,

“…. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr: 4-5)

Ayat di atas menerangkan tentang hal yang terjadi saat datangnya Lailatul Qadar. Di malam yang mulia ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan para malaikat termasuk malaikat Jibril untuk mengatur urusan dunia. Urusan dunia yang dimaksud adalah segala perkara yang ditetapkan Allah terhadap hidup umat manusia untuk satu tahun ke depan. Beberapa perkara penting yang ditetapkan ini meliputi umur, rejeki, ajal, dan urusan lainnya.

Hal inilah yang melatar-belakangi anjuran untuk memperbanyak amal ibadah. Bukan tanpa sebab, pasalnya nasib kita tengah dirancang melalui ketetapan baru yang Allah Subhanahu wa Ta’ala tuliskan. Tidak hanya itu, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak syukur atas kebaikan-kebaikan yang Allah turunkan. Semoga upaya yang kita lakukan ini bisa menolong takdir baru yang Allah Ta’ala tuliskan di malam mulia tersebut. Sungguh, tak ada kebaikan yang istimewa selain Lailatul Qadar.

Related Articles

Back to top button