Keislaman

3 Keberkahan yang Diturunkan Allah di Bulan Ramadhan

Merupakan suatu keistimewaan bagi mereka yang masih diberikan kesempatan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk menikmati indahnya bulan suci Ramadhan. Maka, sudah sepatutnya bagi kita untuk dapat mensyukuri nikmat tersebut. Bukan tanpa alasan, pasalnya Allah menurunkan banyak berkah yang tentu saja tidak bisa kita dapatkan selain di bulan mulia ini.

Keberkahan tersebut akan semakin terasa menyenangkan bagi mereka yang ikhlas menjalankan ibadah puasa. Allah memberkahi hamba-Nya ini dengan tiga keutamaan sekaligus. Sebagaimana diketahui dalam suatu hadits dari Abu Hurairah ra, ia berkata bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mewajibkan kepada kalian berpuasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang.” (HR. An-Nasai)

Kedatangan Ramadhan sejatinya memang bertujuan untuk menambah keberkahan bagi umat Islam. Maka dari itu, kewajiban berpuasa adalah ciri yang sangat khas dari bulan suci ini. Allah Ta’ala menurunkan keberkahan dalam bentuk dibukanya pintu-pintu langit. Hal ini jika dijalankan serta dimanfaatkan dengan baik sesungguhnya mampu menjadi penghalang bagi umat Muslim untuk terhindar dari panasnya api Neraka.

Tidak hanya itu, di bulan suci ini Allah juga mengikat semua setan yang menjadi penyebab manusia terganggu. Tepat sekali, saat menjalankan ibadah puasa umat Islam akan fokus untuk berupaya meraih pahala sekaligus menjauhkan diri dari perbuatan dosa. Terbelenggunya setan memiliki makna bahwa godaan berbuat maksiat yang biasanya mudah datang menjadi sulit dihiraukan bagi mereka yang senantiasa menjalankan ibadah puasa karena Allah Ta’ala.

Sementara itu keberkahan yang terakhir adalah hadirnya Malam Lailatul Qadar. Lailatul Qadar adalah momen paling istimewa di bulan Ramadhan. Kebaikannya melebihi seribu bulan. Untuk bisa mendapatkan keberkahan ini, umat Islam dianjurkan untuk sepenuhnya menaruh hati dalam menjalankan ibadah puasa dan mengerjakan amalan-amalan lainnya. Dengan begitu, Ramadhan dapat terasa semakin menyenangkan karena keberkahan bisa dengan mudah kita dapatkan.

Related Articles

Back to top button