Zakat

Zakat Mal: Ketentuan Nishab Hewan Ternak Wajib Zakat (Part 1)

Selain emas dan perak, beberapa jenis tanaman juga tergolong menjadi harta yang wajib dikeluarkan zakatnya. Hal yang sama juga sepatutnya menjadi perhatian bagi umat Muslim apa bila dirinya memiliki peliharaan berupa hewan ternak yang berpotensi berkembangbiak. Setidaknya terdapat tiga jenis hewan ternak yang perlu diketahui sekaligus wajib dikeluarkan zakatnya apa bila telah mencapai nishab, yakni unta, sapi, dan juga kambing.

Dari Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu anhu, diriwayatkan bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tidak ada zakat pada unta yang jumlahnya kurang dari 5 ekor.” [HR. al – Bukhari]

Dalam hadist yang lain, dari Anas Radhiyallahu anhu, Rasulullah bersabda:

“…..Dan bagi mereka yang tidak memiliki unta kecuali empat ekor, maka tidak wajib atasnya zakat kecuali jika pemiliknya menghendakinya, jika telah mencapai 5 ekor unta, maka wajib mengeluarkan zakat berupa seekor kambing.” [HR. Abu Dawud]

Dari kedua hadist di atas dapat diketahui bahwa ketentuan nishab hewan unta untuk dikeluarkan zakatnya dalah sebanyak lima ekor. Sementara itu, dapat disimpulkan pula bahwasanya unta yang jumlahnya di bawah angka tersebut tidaklah diwajibkan atas pemiliknya untuk membayarkan zakat harta. Hal lain yang perlu kita ketahui adalah jumlah harta yang dikeluarkan untuk setiap lima ekor unta adalah setara dengan seekor kambing. Ketentuan ini berlaku hingga hewan unta yang dimiliki mencapai jumah 24 ekor dan akan berubah seiring bertambahnya jumlah unta yang dimiliki.

Untuk unta yang jumlahnya antara 25 hingga 35 ekor, wajib mengeluarkan zakat berupa bintu makhad atau disebut juga dengan anak unta betina yang umurnya menginjak dua tahun. Jika mencapai 36 hingga 45 ekor, zakatnya adalah bintu labun, yakni anak unta betina yang umurnya menginjak tahun ketiga. Bagi mereka yang memiluki unta 46 hingga 60 ekor, zakatnya berupa hiqqah tharuqatul jamal atau seekor anak unta betina yang umurnya masuk tahun keempat dan bisa dikawini unta jantan. Biasanya ketentuan ini akan berbeda – beda tergantung pada setiap kelipatan 10 unta yang diternaki.

Related Articles

Back to top button