Kabar

Wapres Ajak Masyarakat Indonesia Kembangkan Paham Moderat dalam Beragama

Paham tentang Islam adalah agama yang cinta damai sebaiknya harus selalu digencarkan. Ya, hal tersebut sejatinya memang tujuan dari diciptakannya agama Islam oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka dari itu, kaum Muslim harus dapat merepresentasikan hal pokok ini dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan guna mencapai tujuan tersebut adalah membiasakan diri bersikap moderat. Hal ini juga merupakan perkara yang tengah dikampanyekan oleh Ma’ruf Amin. Melansir republika.com, Wakil Presiden Indonesia tersebut berpandangan bahwa Indonesia kini mampu menjadi model moderasi beragama tingkat global.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan ceramah umum dalam rangka Milad ke-37 Yayasan Wakaf Al-Muhajirien Jakapermai di Gedung Pusdiklat Al Muhajirien, Kota Bekasi, Rabu (31/8/2022). Ma’ruf mengatakan bahwa kaum Muslim fi Indonesia harus mulai menganut paham moderat. Secara umum, moderat sendiri adalah sikap di mana kita berada di tengah dalam beragama.

Moderat adalah sikap toleran, tidak berlebihan dalam beragama namun juga bukan berarti tidak peduli terhadap agama. Sikap ini harus benar-benar dibiasakan guna mampu menghargai perbedaan sekaligus tidak memaksakan kehendak. Tidak hanya itu, Ma’ruf juga menambahkan bahwa sikap moderat diharapkan dapat meminimalisir berkembangnya paham radikalisme dan terorisme.

Maka dari itu, ia mengingatkan masyarakat Indonesia bahwa dalam berdakwah hendaknya dilakukan dengan tepat. Kaum Muslim Indonesia harus menurunkan sikap moderat ini pada generasi penerus bangsa. Tujuannya, tentu saja agar paham radikalisme dan terorisme yang telah isu global tidak dapat dengan mudah masuk menguasai nusantara.

Related Articles

Back to top button