Keislaman

Waktu Mustajab Memanjatkan Doa: Waktu Antara Adzan dan Iqamah

Selain saat adzan tengah dikumandangkan, waktu lain yang juga dianggap mustajab untuk berdoa adalah di antara adzan dan iqamah. Di saat ini seseorang tengah menunggu untuk melaksanakan sholat. Maka, sebaik – baiknya hal yang dapat dilakukan oleh seorang Muslim di antara waktu utama tersebut adalah dengan memanjatkan doa. Sebagaimana diriwayatkan dalam suatu hadist, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Doa diantara adzan dan iqamah tidak tertolak.” (HR. Tirmidzi)

Dari hadist di atas dapat kita ketahui bahwasanya Allah Subhanahu wa Ta’ala mendengar segala doa dan harapan yang diutarakan hamba-Nya saat tengah menunggu sholat berjamaah. Hal ini sejatinya juga merupakan bentuk atau cara yang bisa kita lakukan untuk mendekatkan diri pada Allah. Tentu hal ini dikarenakan Allah Subhanahu wa Ta’ala menyukai setiap hamba-Nya yang senantiasa menundukkan kepala untuk berserah diri dan memohon ampunan pada-Nya.

Maka dari itu, hendaknya kita tidak menganggap sepele waktu selepas adzan dikumandangkan. Meski terbilang singkat, hal tersebut sejatinya begitu utama jika kita dapat memanfaatkannya untuk memohon setiap hal yang kita harapkan. Semoga, kita masih memiliki banyak kesempatan lainnya untuk menunggu waktu utama ini datang. Dengan begitu, kita bisa memeroleh momen emas hanya untuk berduaan dan mendekatkan diri hanya pada Allah Subhanahu wa Ta’ala saja.

Related Articles

Back to top button