Uncategorized

Sedekah Jariyah: Pemahaman Sederhana & Kebaikan Menunaikannya

Sedekah sejatinya merupakan perbuatan baik yang dikhususkan untuk membantu orang lain tanpa tujuan apapun kecuali ridha Allah SWT. Amalan sunnah ini termasuk ke dalam salah satu hal yang sangat dianjurkan pelaksanaannya. Sayangnya, banyak yang jarang mengetahui bahwasanya ada beberapa jenis perbuatan baik yang dapat mendatangkan manfaat secara berkepanjangan.

Bahkan, jenis sedekah ini juga diketahui dapat menghasilkan pahala yang tak terputus meski orang yang melakukannya telah wafat. Ya, tepat sekali perbuatan baik tersebut dikenal juga dengan sebutan sedekah jariyah. Sebagaimana Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda:

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, dan doa anak yang saleh yang selalu mendoakannya.” (HR Muslim)

Hadist di atas meriwayatkan tentang keutamaan sedekah jariyah. Seseorang yang melakukannya akan selalu menerima pahala selama hal yang disedekahkan tersebut terus memberikan manfaat bagi orang banyak. Namun, perlu diketahui bahwasanya tak semua perbuatan baik dapat dikategorikan sebagai bentuk dari sedekah jariyah. Diperlukan manfaat berkepanjangan guna mendapatkan pahalanya.

Related Articles

Back to top button