Kesehatan

Rutinitas Hidup Sehat A La Rasulullah: Rutin Berpuasa Sunnah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam merupakan pribadi yang mulia. Wajar saja kiranya jika beliau menjadi suri tauladan bagi umat Muslim. Banyak hal yang bisa kita tiru dari sosok beliau. Selain terkenal rendah hati dan dermawan, Rasulullah juga merupakan seseorang pemerhati kesehatan. Di antara kebiasaan baiknya yang dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, rutin menjalankan ibadah puasa sunnah adalah salah satu yang cukup dianjurkan pelaksanaannya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwasanya Rasulullah bersabda,

Berpuasalah niscaya kalian akan sehat.” (Hadis diriwayatkan Ath Thabrani dalam Mu’jam al Awsath)

Hadist di atas menjelaskan tentang manfaat puasa yang diyakini mampu membuat tubuh kita sehat sekaligus mampu mendukung ketahanan imunitas. Bagaimana tidak? Secara medis seperti dilansir melalui laman kemenag.go.id puasa bermanfaat untuk mengistirahatkan usus guna menjalankan fungsi detoksifikasi. Bahkan rasa lapar yang kita alami pun juga diyakini mampu memproduksi sel darah putih baru yang bekerja untuk melawan infeksi.

Maka dari itu, puasa hendaknya tidak hanya diniatkan semata-mata untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala saja. Ibadah ini juga harus dilakukan dengan cara yang tepat. Mengonsumsi asupan seimbang dengan memperhatikan nilai gizi dan nutrisi adalah cara yang dianjurkan untuk melengkapi puasa yang kita jalankan. Dengan begitu, tubuh mendapatkan kembali energinya untuk mendukung aktifitas harian yang kita jalankan. Begitulah sejatinya manfaat puasa yang bisa kita dapatkan jika dijalankan dengan tepat.

Related Articles

Back to top button