Kabar

Penyelenggaraan Umrah 1444 H Segera Dimulai, Kemenag Rilis Kebijakan Baru

Tahun Hijriyah 1444 baru saja dimulai. Namun, nampaknya masyarakat Indonesia sudah mulai mendapati keberkahan di awal tahun baru ini. Bagaimana tidak? Penyelenggaraan ibadah umrah 1444 H kini akan terasa semakin mudah. Ya, hal tersebut lantaran masa berlaku visa umrah yang awalnya hanya satu bulan saja, kini bertambah menjadi tiga bulan.

Melansir hidayatullah.com, hal bahagia tersebut sejatinya merupakan kebijakan yang baru saja dirilis oleh Kementerian Agama Indonesia. Melalui pertemuan dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi yang dipimpin oleh Dirjen Administrasi Umum Urusan Perusahaan dan Muassasah Umrah Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi Abdurrahman As-Saggaf kebijakan tersebut akhirnya bisa secara resmi diumumkan. Tak hanya itu, penerbitan visa khusus untuk umrah kini bisa langsung bekerja sama dengan provider visa di Arab Saudi yang sudah diakui Kementerian Haji dan Umrah.

Di sisi serupa, M. Noer Alya Fitra selaku Kasubdit Pengawasan Umrah dan Haji Khusus juga menambahkan bahwa mereka yang datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa selain umrah, kini juga dapat beribadah umrah. Yang lebih memudahkan jamaah adalah visa transit 24 jam kini juga dapat melaksanakan ibadah umrah dengan terlebih dahulu melakukan booking di aplikasi Tawakkalna atau Eatmarna. Pemimpin jamaah umrah kini juga sudah dibebaskan.

Ya, kini muthawwif atau pemimpin jemaah umrah, khususnya dari Indonesia, tidak lagi diwajibkan berasal dari Saudi. Muthawwif sudah diperbolehkan berasal dari warga Indonesia yang tentu saja telah bermukim di Arab Saudi dengan sponsor muassasah yang bersangkutan dan masih didampingi oleh guide warga negara Saudi. Lebih dari pada itu, guna tetap menjaga keamanan dan kesehatan jamaah umrah, pemerintah Arab Saudi masih akan menerapkan protokol kesehatan.

Related Articles

Back to top button