Infak & Sedekah

Non Muslim, Adakah Hak Mereka Atas Sedekah Kita?

Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita menjumpai berbagai macam orang dengan situasi dan keadaan yang berbeda. Tidak jarang, banyak pula di antara mereka yang harus bersabar atas keterbatasan dalam hidupnya. Terkait hal ini, umat Islam sangat dianjurkan agar dapat menebar manfaat pada sesama yang kekurangan.

Namun, ketika datang momen tepat untuk melakukan sedekah tentu saja sering muncul pertanyaan kepada siapakah aksi amal ini disalurkan? Mereka yang kekurangan tentu saja berasal dari berbagai daerah dengan latar belakang dan keyakinan yang berbeda. Lantas, apakah saudara kita yang non Muslim juga memiliki hak atas manfaat sedekah yang kita salurkan?

Terkait hal ini, dari Amr bin Syu’aib dari ayahnya, ia berkata,

“Aku menyembelih kambing untuk Ibnu Umar dan keluarganya. Ibnu Umar berkata: “apakah engkau sudah hadiahkan kambing ini juga kepada tetangga kita yang Yahudi itu?”. Mereka berkata: “Belum”. Ibnu Umar berkata: “berikan sebagian untuk mereka, karena untuk mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

Jibril senantiasa mewasiatkan aku untuk berbuat baik pada tetangga, hingga hampir aku menyangka tetangga akan mendapatkan harta waris”. (HR. Tirmidzi no: 1943)

Hadist di atas menjelaskan tentang keutamaan berbuat baik pada setiap orang tanpa terkecuali. Salah satu perbuatan baik yang sangat mudah dilakukan adalah bersedekah, mulai dari memanfaatkan harta mau pun tidak. Kaum dhuafa yang hidup dalam keterbatasan adalah salah satu target sebagai penerima manfaat sedekah yang kita berikan.

Namun, dalam menyalurkan perbuatan baik tentu saja orang terdekat kita lebih utama. Dalam hal ini tetangga dianggap lebih berhak atas sedekah kita. Rasulullah bahkan juga berpesan bahwa penyaluran sedekah hendaknya tidak membedakan orang berdasarkan keyakinannya. Mereka yang non Muslim juga diperbolehkan menerima manfaat dari perbuatan baik kita.

Meski pun begitu, hendaknya kita perlu memerhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah memastikan bahwa tetangga non Muslim kita bukanlah bagian dari golongan yang memerangi Islam. Bersedekah pada tentangga sejatinya bertujuan untuk menjaga hubungan silaturahmi antar sesama. Dengan begitu akan tercipta kehidupan antar umat beragama yang damai dan tenteram.

Related Articles

Back to top button