Kesehatan

Nikmat dan Bermanfaat, Mari Konsumsi Rutin Buah Anggur

Mengatur menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari adalah salah satu cara yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Hal ini dapat bekerja dengan baik tentu saja dengan dukungan upaya lainnya. Rutin berolah raga dan menjauhi kebiasaan buruk yang mampu memengaruhi kesehatan adalah beberapa di antara upaya tersebut. Namun, salah satu hal yang cukup mudah dilakukan adalah dengan memastikan diri kita mendapatkan asupan yang kaya nutrisi.

Mengonsumsi buah-buahan termasuk dalam upaya tersebut. Anggur, meski namanya tak seterkenal pepaya yang disinyalir mampu mendatangkan manfaat baik pada tubuh pada kenyataannya mampu menawarkan khasiat cukup serupa. Anjuran mengonsumsi anggur dengan cara yang tepat pun adalah bagian dari perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana tertulis dalam al-Qur’an bahwasanya Allah berfirman,

dan anggur dan sayur-sayuran,” (QS. ‘Abasa: 28

Ayat di atas menjelaskan tentang salah satu kekuasaan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tumbuhnya tanaman anggur di muka bumi ini adalah bagian dari kekuasaan tersebut. Allah memerintahkan hamba-Nya untuk mengonsumsi anggur sebagai salah satu pelengkap menu harian. Hal ini sejatinya juga merupakan bagian dari perbuatan meyakini kekuasaan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Selain menjaga hal yang telah dikaruniakan-Nya, memanfaatkannya dengan tepat merupakan kebaikan.

Di sisi lain, secara medis anggur sendiri diyakini menawarkan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Melansir Halodoc, secangkir buah anggur mengandung seperempat dari kebutuhan vitamin C harian, 29 persen vitamin K, dan juga 10 persen tembaga. Nutrisi tersebut mampu membantu tubuh kita mendapatkan antioksidan yang tinggi. Anggur diketahui memiliki sifat anti mikroba. Tak hanya itu, mengonsumsi anggur secara rutin dapat menjaga kesehatan kulit, rambut, hingga memperlambat proses penuaan tubuh.

Buah dengan cita rasa manis ini nyatanya juga dapat menurunkan kemungkinan bagi seseorang menderita Alzheimer. Mereka yang rutin mengonsumsi anggur pun diyakini mampu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Manfaat kesehatan lain dari buah ini juga bisa kita dapatkan untuk membantu stamina organ jantung. Tepat sekali, anggur mampu mencegah pengerasan arteri, mengurangi tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, mencegah pembekuan darah, dan juga menurunkan risiko peradangan sehingga kesehatan jantung dapat tetap terjaga.

Related Articles

Back to top button