Keislaman

Mengenal Adab Sebelum Membaca Al – Qur’an: Memuliakan Al – Qur’an

Di antara banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum membaca Kitab Suci Al – Qur’an hendaknya kita bersuci terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan senantiasa melakukan wudhu. Tak hanya itu, penting juga bagi kita untuk menyertai pembacaan taawudz. Fungsinya tentu saja agar niat membaca Al – Qur’an semakin dirahmati oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dalam pelaksanaannya tentu sangat dianjurkan bagi kita untuk dapat merenungi maknanya agar memberikan tuntunan dalam menjalani kehidupan di dunia. Selain beberapa hal tadi, dalam membaca Al – Qur’an sepatutnya kita juga wajib untuk turut serta memuliakannya. Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Dan apabila dibacakan Al-Qur’an , maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-A’raf: 204)

Ayat di atas menjelaskan tentang perintah Allah pada hamba- Nya untuk senantiasa memuliakan Al – Qur’an. Cara yang dapat dilakukan adalah mendengarkan lantunan setiap baitnyabdengan penuh perhatian. Bahkan akan sangat utama jika kita dapat merenungkan isinya sehingga mampu memahami dengan baik makna dari setiap ayat – ayat Al – Qur’an yang dibacakan. Begitulah seharusnya seorang Muslim dalam memuliakan Al – Qur’an.

Related Articles

Back to top button