Uncategorized

Menanam Pohon, Aksi Sederhana yang Bernilai Sedekah

Agama Islam terkenal dengan beragam ajaran baiknya yang sangat memudahkan kaum Muslimin. Begitu mudahnya hingga setiap perbuatan yang ditujukan untuk menghasilkan manfaat dianggap sebagai bentuk sedekah. Salah satu perbuatan yang cukup dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap umat Muslim di dunia adalah menanam pohon.

Hal ini sejatinya menjadi salah satu perbuatan yang juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Dari Jabir bin Abdullah Rodhiyallohu ‘Anhu dia bercerita bahwa Rasulullah diketahui pernahbersabda:

“Tidaklah seorang muslim menanam suatu pohon melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Muslim no.1552)

Dalam kesempatan lain, dari Anas bin Malik Rodhiyallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah bersabda:

“Tidaklah seorang Muslim menanam pohon, tidak pula menanam tanaman kemudian pohon/ tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia atau binatang melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Bukhari no.2321)

Kedua hadist di atas menjelaskan tentang keutamaan menanam pohon. Rasulullah sangat menganjurkan perbuatan baik ini dikarenakan manfaat yang terkandung di dalamnya. Ya, menanam pohon memiliki nilai sedekah yang begitu besar. Bukan tanpa alasan, pasalnya pohon yang mampu menghasilkan buah dan memiliki manfaat bagi setiap mahluk hidup sangatlah besar pahalanya.

Bahkan, meskipun hasil dari pohon tersebut dicuri tetap saja kelak akan menghasilkan pahala sedekah. Oleh karena itu, pastikan bahwa kita dapat menyisihkan waktu untuk menanam pohon walaupun lahan yang dimiliki cukup terbatas. Satu pohon yang tumbuh pada lahan terbatas menghasilkan manfaat akan jauh lebih baik dari pada mendiamkannya begitu saja. Yuk, mulai menanam pohon.

Related Articles

Back to top button