Keislaman

Memahami Keutamaan Menjaga Wudhu: Ukuran Perhiasan di Akhirat Kelak

Berwudhu bukan hanya merupakan syarat sahnya seseorang dalam melakukan ibadah sholat fardhu saja. Perbuatan ini nyatanya juga termasuk dalam salah satu amal saleh yang bisa dirutinkan dan mampu membuat kita meraup pahala dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tak tanggung – tanggung, wudhu yang sempurna juga bisa menjadi penyebab bagi kita untuk mendapat keistimewaan di akhirat kelak.

Salah satu dari keistimewaan tersebut seperti dinyatakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana dalam suatu hadist, beliau bersabda,

Perhiasan seorang mukmin di akhirat akan sesuai dengan jangkauan wudhunya.’ (HR. Muslim)

Perhiasan nyatanya tidak hanya mampu mempercantik tampilan seseorang kala hidup di dunia saja. Di akhirat nanti, kita juga bisa menyempurnakan tampilan dengan perhiasan yang didapat dari kebiasaan kita menjaga wudhu. Tepat sekali, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpesan pada umatnya bahwa wudhu yang kita lakukan semasa hidup di dunia menjadi bekal perhiasan di akhirat nanti.

Bagaimana tampilan perhiasan tersebut tentu saja akan disesuaikan dengan jangkauan wudhu yang kita pelihara. Maka dari itu, hendaknya kita tak menganggap remeh perbuatan amal ini. Meski terlihat sederhana, kebiasaan berwudhu nyatanya mendatangkan manfaat yang sangat besar. Hal ini akan semakin utama jika wudhu yang terpelihara dapat disempurnakan dengan ibadah – ibadah lainnya seperti qiyamul lail, membaca Al – Qur’an, hingga berpuasa sunnah.

Related Articles

Back to top button