Keislaman

Memahami Keutamaan Menjaga Wudhu: Terangkat Derajat ke Sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala

Wudhu menjadi salah satu perbuatan amal yang mudah dilakukan namun begitu kaya akan keutamaan. Selain beragam keistimewaan di Surga kelak yang bisa kita dapatkan, menjaga wudhu sekaligus menyempurnakannya menjadi salah satu alasan mengapa Allah Subhanahu wa Ta’ala mengangkat derajat kita ke sisinya. Hal ini seperti diriwayatkan dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajatnya!”

Para shahabat berkata: “Tentu, wahai Rasulullah.

Kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Menyempurnakan wudhu’ walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat, maka itulah yang disebut dengan ar ribath.” (HR. Muslim no. 251)

Hadist di atas menjelaskan tentang keutamaan memelihara dan menyempurnakan wudhu. Tepat sekali, Allah Subhanahu wa Ta’ala berjanji akan menghapus dosa – dosa kita sekaligus mengangkat derajat kita ke sisi-Nya. Hal ini dapat dilakukan secara beriringan dengan memperbanyak melakukan sholat berjamaah di masjid. Tak hanya itu, tentu akan semakin baik bagi kita untuk bisa berdiam diri setelahnya sembari menunggu datangnya waktu sholat selanjutnya.

Dengan begitu, telah sempurnalah alasan bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk menaikkan derajat hamba-Nya. Sungguh mulia bukan keutamaan yang bisa kita dapatkan dari kebisaan sederhana ini? Semoga kita dapat senantiasa memelihara wudhu dan menyempurnakannya dengan amalan – amalan sunnah lain sehingga mampu menjadi penyebab bagi kita untuk termasuk dalam golongan hamba Allah yang terangkat derajat ke sisi-Nya, aamiin aamiin yaa robbal alamin.

Related Articles

Back to top button