Uncategorized

Ibadah Qurban: Pemahaman dan Keutamaan yang Terkandung di Dalamnya

Berqurban adalah salah satu bentuk ibadah sunnah yang pelaksanaannya cukup dianjurkan. Umat Islam melaksanakannya setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Hal ini juga bertepatan dengan dirayakannya Idul Adha bagi mereka yang tidak melaksanakan ibadah haji. Qurban sendiri sejatinya berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti dekat. Namun ada sebutan lain yakni al – udhhiyyah yang berarti binatang sembelihan.

Secara keseluruhan, qurban dapat diartikan sebagai ibadah yang dilakukan dengan menyembelih hewan ternak kemudian menyedekahkannya pada fakir miskin dengan tujuan semata – mata hanya untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Anjuran untuk melakukan ibadah qurban pun telah tertera dalam Al – Qur’an. sebagaimana Allah SWT berfirman:

“Dan unta-unta itu Kami jadikan untuk-mu bagian dari syiar agama Allah, kamu banyak memperoleh kebaikan padanya. Maka sebutlah nama Allah (ketika kamu akan menyembelihnya) da-lam keadaan berdiri dan kaki-kaki telah terikat). Kemudian apabila telah rebah (mati), maka makanlah seba-giannya dan berilah makanlah orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami tundukkan (unta-unta itu) untukmu, agar kamu bersyukur.” (QS. Al – Hajj ayat 36)

Ayat di atas menjelaskan tentang perintah Allah SWT pada hamba – Nya untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan. Rasa syukur tersebut dapat dilakukan dengan cara berqurban atau menyembelih hewan ternak. Selain bertujuan untuk menyebarkan manfaat pada orang lain, berqurban juga merupakan salah satu cara untuk bersyiar dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Penyembelihan hewan qurban pun harus dilakukan dengan menyebut nama Allah. Bahkan Allah juga memperbolehkan bagi siapa saja yang melakukan ibadah ini untuk mengambil manfaatnya, sementara sisanya bisa disedekahkan pada kaum dhuafa. Begitu besarnya manfaat yang didapat dari pelaksanaan qurban hingga kelak Allah SWT menjanjikan pahala berlipat ganda bagi mereka yang melakukannya.

Related Articles

Back to top button