Kabar

Maksiat, Alasan Di Balik Kesulitan yang Dialami Manusia

Sering kali merasa sulit meski telah melakukan upaya besar dalam hidup ini? Atau pernahkah menerima kesusahan yang bertubi – tubi tanpa pernah tahu alasan di balik hal tersebut? Waspada, bisa jadi ini terjadi karena perbuatan maksiat yang sering dilakukan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al – Qur’an yang berbunyi,

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)”. (QS. Asy – Syura: 30)

Berdasarkan ayat di atas, dengan jelas dapat kita ketahui bahwa kesedihan, penyakit, musibah, bencana, dan apapun kesulitan yang dialami manusia datangnya dari perbuatan maksiat yang dilakukan oleh manusia itu sendiri. Di sisi lain, jika hal yang sama terjadi bisa juga merupakan cara Allah untuk mengampuni hamba- Nya.

Dalam suatu hadist, Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,

“Tidaklah suatu keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, kezaliman, kesempitan, bahkan sepotong duri pun yang menusuk seorang Muslim, melainkan dengan hal itu Allah menghapus dosa-dosanya”. (HR. al-Bukhari)

Hadist di atas menunjukan bahwasanya ampunan Allah sungguhlah amat luas. Maka hendaknya kita cepat menyadari kesalahan yang dilakukan. Bahkan, hendaknya kita dapat bertaubat sesegera mungkin agar Allah Ta’ala menghapuskan dan memaafkan dosa yang kita perbuat. Tentu hal ini harus dibarengi dengan niat tulus karena Allah.

Related Articles

Back to top button