Pendidikan

Kewajiban Orang Tua Ajarkan Kebajikan pada Anak

Menjadi orang tua merupakan ketentuan dari Allah azza wa jalla yang begitu penuh amanah. Bukan tanpa alasan, pasalnya anak merupakan titipan yang harus dijaga dan dibentuk sebaik mungkin. Anak yang berbakti dan senantiasa berbuat kebajikan merupakan hasil jerih payah orang tua yang melakukan hal serupa terhadap mereka. Sebaliknya, anak yang durhaka dan gemar melakukan keburukan juga merupakan buah dari perilaku yang sama dari kedua orang tua mereka.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hal ini kerap menasihati umatnya untuk selalu menanamkan kebajikan pada keturunan mereka. Sebagaimana dalam suatu hadist Beliau bersabda:

“Semoga Allah merahmati orang tua yang membantu anaknya dalam melaksanakan kebaikan.” (Mushannaf Ibnu Abi Syaibah no. 25415)

Ya, terbentuknya karakter anak menjadi baik atau buruk semata – mata merupakan buah dari hasil yang dilakukan orang tuanya. Orang tua merupakan contoh pertama dari seorang anak. Bagaimana ia tumbuh kelak tentu sesuai dengan cara orang tua tersebut mendidiknya. Menanamkan pentingnya melakukan amal kebajikan tak hanya bisa sekedar ‘disuruh – suruh saja’. Orang tua perlu berperan lebih dalam dengan memberikan contoh secara langsung.

Hal yang sama juga dapat terjadi jika orang tua gemar melakukan keburukan. Secara tidak langsung, seorang anak akan memperhatikan gaya hidup orang tua mereka. Bukan tidak mungkin jika anak kelak juga dapat melakukan hal serupa. Sayangnya, banyak orang tua yang tidak menyadari hal tersebut. Alih – alih bermuhasabah diri, anak – anak justru menjadi pelampiasan kesalahan orang tua semata.

Related Articles

Back to top button