Keislaman

Keutamaan Saling Berjabat Tangan Datangkan Ampunan

Mendapatkan ampunan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala tentu saja merupakan hal yang amat diinginkan oleh umat Islam. Hal ini bahkan menjadi sebuah kebutuhan bagi seorang Mukmin yang mengetahui bahwa dirinya dipenuhi oleh dosa. Sayangnya, upaya untuk mendapatkan ampunan sering kali dianggap terlalu sulit untuk dilakukan. Pada kenyataannya pintu ampunan Allah amatlah luas dan dapat dicapai dengan berbagai cara. Salah satu cara yang bahkan sangat mudah dilakukan namun jarang disadari oleh kebanyakan umat Islam adalah saling berjabat tangan.

Hal ini sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam pernah bersabda,

Setiap dua orang Muslim bertemu dan berjabat tangan niscaya diampunkan dosa keduanya sebelum mereka berpisah.” (HR. Abu Daud)

Hadist di atas menjelaskan tentang keutamaan menjalin hubungan baik dengan orang lain. Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam kepada umatnya menyampaikan bahwa upaya untuk menjaga hubungan tersebut dapat menghadirkan ampunan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ampunan ini terwujud akibat adanya jalinan dan jabatan tangan antar dua orang. Orang yang apa bila bertemu saling berjabat tangan, maka keduanya akan mendapat ampunan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala sebelum mereka sempat berpisah kembali.

Ya, begitulah sejatinya kebaikan dan keutamaan dari jabatan tangan antar dua orang. Hal tersebut mewakilkan baiknya hubunga di antara keduanya. Tentu saja, Allah Ta’ala sangat menyukai hal demikian. Melihat hamba-Nya saling menjaga hubungan dan kerukunan membuat Dia semakin mencintai hamba-Nya. Maka dari itu, ampunan dari berbagai macam dosa akan menjadi hal yang sangat mulia yang juga merupakan ganjaran terbaik bagi orang-orang yang berusaha menjaga hubungan dengan orang lain.

Related Articles

Back to top button