Pendidikan

Keutamaan Menjadi Penghafal Qur’an: Pengawalan oleh Malaikat

Pahala yang tak ada habisnya dan bahkan menjadi berlipat ganda adalah salah satu keutamaan yang didapatkan oleh para penghapal Qur’an. Tak tanggung – tanggung, kebaikan tersebut juga dilengkapi dengan keistimewaan lainnya yakni menerima sekaligus memberikan syafaat di hari kiamat kelak. Begitulah Allah Subhanahu wa Ta’ala mengagungkan hamba – Nya yang menuntut ilmu sebagai penghapal Qur’an. Hal ini pun menjadi semakin utama tatkala para penuntut ilmu tersebut senantiasa ditemani oleh malaikat dan dicatat amal baiknya.

Sebagaimana dalam suatu hadist, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Orang orang yang hebat dalam membaca Al-Qur’an akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan dan taat pada Allah SWT dan orang tua yang terbata-bata membaca Al-Qur’an lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala.” (HR. Bukhari)

Hadist di atas menjelaskan tentang keutamaan lain menjadi seorang penghapal Qur’an. Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengutus para malaikat terbaik yang paling mulia untuk menemani penuntut ilmu tersebut. Setiap kali huruf – huruf Al – Qur’an diamalkan dan dihapalkan akan dicatat kebaikannya oleh malaikat. Bahkan, Allah juga senantiasa memuliakan orang tua yang terlambat dalam mengamalkan Qur’an. Meski sulit dan terbata – bata, namun keinginan untuk mempelajari Qur’an akan dibalas oleh Allah dengan pahala dua kali lipat. Begitulah Allah Subhanahu wa Ta’ala mencintai hamba yang mencintai Kitab – Nya.

Related Articles

Back to top button