Keislaman

Keutamaan Memakmurkan Masjid Bagi Umat Muslim

Masjid adalah rumah ibadah bagi umat Islam. Beragam kegiatan yang berkaitan dengan upaya mendekatkan diri pada Allah Subhanahu wa Ta’ala sangat dianjurkan pelaksanaannya di tempat suci ini. Hal tersebut sejatinya juga merupakan langkah yang tepat untuk memakmurkan masjid. Sayangnya, masih banyak di antara kita yang melupakan keberadaan rumah Allah ini. Pada kenyataannya, terdapat keutamaan bagi mereka yang senantiasa memakmurkan masjid.

Sebagaimana dalam suatu hadist, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa telah membangun masjid karena Allah Subhanahu wa Ta’ala (Bukair berkata: Saya menyangka beliau berkata dengan mengharap wajah Allah), maka Allah akan membangunkannya rumah di Jannah” (HR. Muslim)

Hadist di atas menjelaskan tentang pesan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada umatnya untuk senantiasa memakmurkan masjid. Barang siapa di antara kita yang begitu gemar mendatangi Allah di rumah – Nya, bahkan memperindah bangunannya maka baginya Allah akan melakukan hal serupa. Tepat sekali, orang yang gemar memakmurkan masjid kelak akan dibangunkan oleh Allah rumah di Surga. Tentu penting bagi kita untuk dapat melakukan hal tersebut dengan ikhlas.

Ya, hendaknya memakmurkan masjid dilakukan semata – mata hanya untuk mengharap ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala saja. Hindari melencengkan niat baik ini karena alasan riya’ atau pun sum’ah. Terutama ketika perbuatan baik tersebut dilakukan hanya karena mengharap pujian dari manusia saja. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala apa pun. Maka ganjaran yang setimpal atas niat yang melenceng tersebut tentu tidak pernah jauh dari panasnya percikan api Neraka. Naudzubillah min zalik.

Related Articles

Back to top button