Keislaman

Ketahui, Memandang pada 4 Perkara Ini Mendatangkan Pahala

Keindahan pahala mungkin saja tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang. Meski pun begitu, hadiah Allah Subahanahu wa Ta’ala yang satu ini mampu menjadi bekal bagi kita untuk menuju akhirat kelak. Beberapa kegiatan seperti sholat, puasa sunnah, hingga sedekah sudah lama kita kenal sebagai tiga di antara perbuatan amal yang mampu mendatangkan pahala. Namun, tahukah Sahabat Dermawan jika ternyata ada perkara-perkara mudah yang dapat memberikan ganjaran serupa?

Hal ini sebagaimana diriwayatkan dalam suatu hadist, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Melihat pada tiga perkara adalah ibadah. Melihat wajah ibu bapa, melihat al-Quran dan melihat lautan.” (HR. Abu Nuaim)

dan pada hadist lainnya,

“..dan ditambah dengan “Melihat Ka’abah” (HR. Abu Daud)

Dari kedua hadist di atas dapat kita ketahui bahwasanya memeroleh pahala menjadi semakin mudah jika kita memerhatikan empat perkara. Yang pertama adalah melihat wajah kedua orang tua. Sebagai seorang anak, mungkin kesempatan ini sering sekali tidak dimanfaatkan dengan benar. Pada kenyataannya, memandang wajah orang tua mampu mendatangkan pahala berlimpah. Hal ini lantaran Allah menurunkan berkah di dalamnya. Melihat wajah orang tua dapat membuat kita lebih bersyukur dan menimbulkan keinginan untuk berbakti pada keduanya.

Setelah itu, melihat al-Qur’an juga menjadi perkara mudah yang berbuah pahala. al-Qur’an adalah pedoman hidup umat Islam. Di dalamnya terdapat banyak aturan yang apa bila kita ikuti dan manfaatkan mampu mendatangkan kebaikan. Membaca sekaligus mengamalkannya adalah perbuatan yang sangat dianjurkan. Sementara, perkara yang ketiga adalah melihat lautan. Lautan yang terbentang luas dan dalam merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah Ta’ala. Memandang lautan akan membuat kita takjub dan mensyukuri semua nikmat yang kita terima.

Perkara yang terakhir adalah melihat Kakbah. Kakbah adalah kiblat bagi seluruh umat Islam. Kakbah juga merupakan tanda Allah yang Maha Esa. Melihat Kakbah mungkin saja tidak menjadi kesempatan yang bisa dimanfaatkan oleh semua orang. Bukan tanpa alasan, pasalnya hanyalah orang-orang yang dipilih Allah saja yang mampu mendapatkan keberkahan ini. Maka dari itu, sangat wajib hukumnya untuk mensyukuri nikmat ini bagi mereka yang mampu melakukannya. Itulah beberapa perkara mudah yang mendatangkan pahala sesuai dengan anjuran Rasulullah.

Related Articles

Back to top button