Keislaman

Keistimewaan Orang Berpuasa yang Rugi Jika Tidak Dimanfaatkan

Puasa merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam yang harus dijalankan di bulan Ramadhan. Terdapat faedah yang luar biasa dari ibadah ini. Nyatanya, terdapat keutamaan lain yang bisa kita temukan dari orang-orang yang menjalankan puasa. Selain dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, orang yang berpuasa juga memiliki keistimewaan lainnya yang sangat rugi bila tidak dimanfaatkan dengan baik.

Hal tersebut sebagaimana diketahui dalam suatu hadist bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda,

Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi diangkat oleh Allah sampai di bawah awan di hari kiamat nanti, dan dibukakan baginya semua pintu langit, dan Allah berfirman, “Demi kemuliaan-Ku, Aku benar-benar akan menolongmu, sekalipun sesudahnya.” (HR. Ahmad, Turmudzi, Nasai dan Ibnu Majah)

Orang yang berpuasa seperti menurut Rasulullah adalah satu di antara golongan orang-orang yang doanya paling mujarab. Ya, Allah Subhanahu wa Ta’ala sudah pasti akan akan mengabulkan doa orang yang berpuasa. Selain atas dasar rasa cinta yang dimiliki-Nya, mereka yang berpuasa nyatanya juga dianggap mampu berkorban untuk menahan segala godaan yang hadir selama menjalankan kewajiban ini. Kerelaan tersebutlah yang membuat Allah Subhanahu wa Ta’ala tak akan sanggup memalingkan diri dari doa kita.

Tidak hanya itu, Allah juga akan merasa malu apa bila tidak mengabulkan doa orang yang telah menengadahkan kedua tangan kepada-Nya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda,

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala benar-benar malu bila ada seorang hamba mengangkat kedua tangannya memohon suatu kebaikan kepada-Nya, lalu Allah menolak permohonannya dengan kedua tangan yang hampa.” (HR. Ahmad)

Hadist di atas meyakinkan bahwa Allah Subhanahu ww Ta’ala sudah pasti akan mengabulkan permohonan hamba-Nya. Namun demikian, hendaknya permohonan tersebut haruslah berisikan harapan-harapan baik bagi diri sendiri mau pun orang lain. Beberapa doa yang sudah pasti akan dikabulkan Allah adalah permohonan ampun, memohon agar amal ibadah diterima, dan juga kebaikan lainnya yang memastikan keselamatan diri baik di dunia mau pun akhirat kelak.

Related Articles

Back to top button