Keislaman

Keindahan Syukur dalam Setiap Nikmat

Menjalankan kehidupan sehari-hari dengan aman dan terpenuhi semua kebutuhan tentu saja merupakan nikmat yang luar biasa. Bagaimana tidak? Di luar sana ada banyak orang yang saat ini sedang merasa tidak aman. Bahkan, ada pula yang saat ini mungkin tengah dilanda kegelisahan akibat masalah kehidupan. Tidak hanya itu, di seberang sana mungkin juga ada saudara kita yang sedang bingung memenuhi kebutuhan keluarganya. Pernahkah terpikir jika kita berada di kondisi tersebut?

Sungguh, tanpa pernah kita sadari sejatinya nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala amatlah luar biasa bukan? Tiada satu pun yang mampu memberikan kenikmatan sebanyak dan sebertubi-tubi itu kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka dari itu, hendaknya kita harus dapat mensyukuri segalanya. Bukan tanpa alasan, pasalnya ada keindahan lain dari kebiasaan mensyukuri nikmat yang Allah beri. Sebagaimana diketahui dalam al-Qur’an bahwasanya Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Ayat di atas menjelaskan tentang perintah Allah kepada hamba-Nya untuk senantiasa bersyukur. Syukur adalah sebuah bentuk pengakuan terhadap kebesaran Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan senantiasa mensyukuri nikmat Allah sejatinya kita tengah berupaya untuk menggali lebih dalam nikmat dan rejeki lainnya. Bukan tanpa alasan, pasalnya Allah Subhanahu wa Ta’ala telah berjanji untuk menambah nikmat kepada hamba-hamba-Nya yang mengakui kebesaran-Nya. Maka dari itu, hendaknya kita jangan sampai kufur nikmat.

Mengucapkan hamdalah atas segala rejeki, rasa aman dan bahagia, juga kesehatan yang paripurna adalah cara paling mudah yang bisa kita lakukan untuk mensyukuri nikmat Allah. Tidak hanya itu, hendaknya kita juga harus berpikir lebih luas lagi dengan tidak membatasi nikmat pada hal-hal bernilai materi saja. Dengan upaya ini diharapkan kita dapat mensyukuri sekecil apa pun nikmat yang kita rasakan. Allah Subhanahu wa Ta’ala tentu tidak akan merasa segan untuk menambah dan memberkahi seluruh rejeki bagi kita.

Related Articles

Back to top button