Keislaman

Kebaikan Meng’amiini Imam Saat Sholat Berjamaah

Melakukan sholat fardhu secara berjamaah diketahui mampu mendatangkan pahala berlipat-ganda. Sebanyak 27 kali derajat bisa kita dapatkan jika mampu meluangkan waktu untuk melaksanakan sholat secara berjamaah. Tentu hal ini bukanlah satu-satunya kebaikan yang bisa kita dapatkan.

Ada hal ringan lain yang sejatinya mampu mendatangkan pahala besar selama kita sholat berjamaah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengungkapkan kebaikan tersebut. Sebagaimana diketahui dalam suaymtu hadist bahwasanya beliau pernah bersabda yang berbunyi sebagai berikut,

Apabila imam membaca, Ghairilmagdhuubi’alayhim waladdhallin’ (Bukan (jalan) mereka yang dimurkai (Yahudi) dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat (Nasrani)). Maka ucapkanlah, ‘Aamiin’ karena apabila ucapan aamiinnya sesuai dengan ucapan aamiin para malaikat maka telah diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadist di atas menjelaskan tentang kebaikan mengucap ‘aamiin’ saat imam selesai membaca surat al-Fatihah pada aktifitas sholat berjamaah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutarakan pada umatnya bahwa hal tersebut mampu menjadi penyebab diampuninya segala macam dosa-dosa yang telah lampau. Meski tergolong ringan, amalan ini sungguh amat dianjurkan pelaksanaannya.

Dalam melakukan sholat berjamaah, imam akan membaca surat al-Fatihah sebanyak 2 kali. Maka, jika kita berusaha untuk bisa melakukan amalan ringan ini di setiap kesempatan sholat berjamaah tentu saja akan ada 6 kesempatan bagi kita untuk terampuni segala macam dosa yang dilakukan di masa lampau. Lihat, begitu mudahnya bukan Allah Subhanahu wa Ta’ala membuka jalan kebaikan bagi hamba-Nya yang taat?

Related Articles

Back to top button