Uncategorized

Ini Keistimewaan Sedekah untuk Perbaiki Keadaan Sulit di Tengah Wabah

Merebaknya wabah COVID – 19 di berbagai belahan negara termasuk juga Indonesia merupakan kondisi yang tak pernah diharapkan sebelumnya. Krisis ekonomi di awal pandemi menjadi kesulitan tersendiri bagi sebagian pihak. Bahkan, penanganan virus corona pun hingga kini masih menjadi urusan bersama yang belum jua mencapai garis finish.

Keadaan serba sulit ini jika ditelaah lebih dalam sejatinya merupakan jalan dari Allah SWT bagi kita untuk dapat memanfaatkannya dengan baik sebagai ladang untuk beramal. Ya, bersedekah di saat kondisi tengah sulit tentu dapat menghasilkan keberkahan yang luar biasa. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al – Qur’an:

“Tetapi dia tidak menempuh jalan yang mendaki lagi sukar. Tahukah kamu apa jalan yang mendaki lagi sukar itu? (yaitu) melepaskan budak dari perbudakan, atau memberi makan pada hari kelaparan”. (QS. Al – Balad: 11 – 14)

Pada ayat di atas terdapat penggalan kalimat ‘memberi makan pada hari kelaparan’. Hal tersebut sejatinya merujuk pada keadaan sulit yang tengah dirasakan oleh banyak orang. Dapat disimpulkan melalui firman – Nya Allah SWT menganjurkan hamba untuk dapat bersedekah terutama ketika dunia tengah dilanda kesusahan (dalam hal ini wabah virus corona).

Oleh karena itu, sebagai umat Muslim sudah sepatutnya bagi kita agar dapat ikut serta dalam memperbaiki keadaan sesama. Sedekah yang dikeluarkan guna memperbaiki keadaan banyak orang terutama di bulan Ramadhan menjadi sedekah yang sangat dianjurkan. Tak hanya pahala yang berlipat ganda saja, kita bahkan dapat ikut serta mendukung pemerintah menuju pemulihan krisis COVID – 19.

Related Articles

Back to top button