Keislaman

Ini Cara Memuliakan Hari Jum’at Sesuai Anjuran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam

Hari Jum’at adalah saat yang sangat istimewa bagi kaum Muslimin. Begitu istimewanya hingga disebut juga sebagai hari raya umat Islam. Oleh karena itu, merupakan suatu kewajiban bagi kita untuk bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Sesuai dengan anjuran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sejatinya ada cara tertentu yang bisa kita lakukan untuk memuliakan hari Jum’at. Sebagaimana diketahui dalam suatu hadist,

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hlm. 239)

Ya, Jum’at yang mulia sudah sepantasnya bagi kita untuk memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan senantiasa bershalawat pada Rasulullah. Di saat ini, setiap pujian yang dihaturkan atas beliau sudah pasti akan tersampaikan dan didengarkan langsung oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tidak hanya itu, hari Jum’at juga momen yang tepat bagi kita untuk dapat menebar kebaikan melalui sedekah.

Hendaknya sedekah yang kita berikan mampu memudahkan kehidupan orang – orang yang membutuhkan. Sesuai dengan sabda Rasulullah, sedekah di hari Jum’at akan berbuah pahala yang berlipat – ganda. Sejatinya hal tersebutlah yang akan dihadiahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala pada hamba – Nya yang tak pernah ragu untuk memuliakan hari Jum’at dengan senantiasa berbuat baik pada sesama.

Related Articles

Back to top button