Kesehatan

Ini Alasan Mengapa Harus Mulai Konsumsi Buah Delima

Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan. Selain kaya akan vitamin dan serat, kandungan air dalam beberapa jenis buah diyakini mampu menjaga tubuh kita tetap terhidrasi sempurna. Di antara banyak jenis buah yang terkenal manfaatnya tentu saja jangan sampai kia melewatkan keutamaan dari buah yang satu ini, yakni delima. Bukan tanpa alasan, pasalnya delima merupakan salah satu jenis buah yang berada di Surga dan telah diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk dikonsumsi hamba-Nya.

Hal ini sebagaimana tertulis di dalam al-Qur’an bahwasanya Allah berfirman,

Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma dan delima.” (QS. ar-Rahman: 68)

Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan Surga sebagai balasan bagi hamba-Nya yang patuh dan tunduk terhadap diri-Nya semasa hidup di dunia. Tak hanya dikenal indah, Surga juga kaya akan jenis makanan dan minuman yang lezat yang tersaji khusus untuk para penghuninya. Di antara banyak jenis makanan yang tersaji di dalamnya, delima merupakan salah satunya. Jenis buah ini tidak hanya terkenal akan kenikmatannya saja tapi juga khasiatnya bagi kesehatan kita. Adanya delima di Surga mengandung makna bahwa sejatinya Allah Ta’ala mengizinkan sekaligus memerintahkan kita untuk mengonsumsinya.

Bukan tanpa sebab, pasalnya delima seperti dilansir melalui Alodokter diketahui mengandung banyak nutrisi mulai dari protein, karbohidrat, serat, dan vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B kompleks, folat, vitamin E, serta vitamin K. Di dalamnya terdapat pula beragam jenis mineral seperti kalium, magnesium, zinc, dan tembaga, serta kaya antioksidan polifenol, termasuk kantosianin. Seluruh nutrisi ini mampu bekerja sama untuk meminimalisir datangnya penyakit dalam tubuh manusia. Salah satu manfaat yang cukup terkenal adalah kemampuan untuk mencegah penyakit jantung. Buah delima menurut penelitian jika dikonsumsi minimal 200 ml dalam bentuk jus setiap hari selama 3 bulan diyakini dapat menurunkan gejala iskemia akibat penyempitan pembuluh darah jantung.

Selain itu, delima juga mampu membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah pembentukan sumbatan pada pembuluh darah. Kandungan antioksidannya pun diyakini dapat menghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh terutama pada kasus kanker prostat, kanker kulit, kanker payudara, dan kanker paru. Bukan tanpa sebab, pasalnya delima tidak hanya mampu melawan radikal bebas saja, tapi juga dapat memperbaiki dan mencegah kerusakan DNA yang memicu tumbuhnya sel kanker. Terakhir dan yang tak kalah penting, buah berwarna merah ini juga dipercaya dapat mengurangi kolesterol jahat dan resiko radang sendi.

Related Articles

Back to top button