Kesehatan

Bukti Nyata Anjuran Rasulullah dalam Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan mungkin saja merupakan salah satu hal yang semakin sering dianjurkan dewasa ini. Bukan tanpa sebab, pasalnya pandemi virus corona yang masih melanda dunia menuntut kita semua untuk dapat selalu menjaga kebersihan. Tujuannya, tentu saja agar diri kita dan orang sekitar dapat terhindar dari dampak buruk penularan.

Nyatanya, menjaga kebersihan sendiri adalah perkara yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Terkait hal ini, beliau tidak main-main. Menjaga kebersihan sejatinya juga bagian dari perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana diriwayatkan dalam suatu hadist, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Bersihkanlah segala sesuatu semampu kamu. Sesungguhnya Allah Ta’ala membangun Islam ini atas dasar kebersihan dan tidak akan masuk Surga kecuali setiap yang bersih.” (HR Ath-Thabrani)

Hadist di atas menjelaskan tentang bukti nyata anjuran bagi umat Islam untuk dapat selalu menjaga kebersihan. Rasulullah berpesan pada kita semua bahwa hal tersebut juga merupakan bagian dari langkah Allah dalam membangung agama Islam yang mulia. Tak tanggung-tanggung, kebersihan dalam hal apa pun juga menjadi penentu seseorang dapat masuk ke Surga-Nya Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Begitulah sejatinya Allah dan Rasulullah memandang kemuliaan terhadap segala hal yang bersih. Kebersihan adalah cerminan umat Islam. Sebaliknya, keburukan adalah sifat dari syetan. Maka dari itu, sebagai sebaik-baiknya bagian dari umat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kita wajib mengikuti segala hal yang beliau anjurkan. Hal ini tentu saja termasuk juga dalam upaya menjaga kebersihan.

Related Articles

Back to top button