Infak & Sedekah

Anjuran Menyedekahi Anggota Badan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan menjadi saat paling utama bagi umat Islam untuk membekali diri dengan pahala kebaikan. Bukan tanpa alasan, pasanya pahala tersebut akan dilipat-gandakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Maka dari itu, memperkaya diri dengan amalan saleh di bulan Ramadhan adalah hal yang sangat dianjurkan. Salah satu perbuatan yang dapat dengan mudah kita lakukan adalah sedekah dengan anggota badan kita. Dari Abu Hurairah ia berkata bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda,

Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit,…” (HR. Bukhari & Muslim)

Hadist di atas berisikan tentang anjuran bersedekah bagi umat Islam. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menjelaskan bahwa hendaknya sedekah tak melulu dilakukan dengan memanfaatkan harta kekayaan. Di bulan Ramadhan ini, seluruh anggota badan kita wajib diupayakan untuk dapat menyebarkan manfaat. Bagi diri sendiri, anggota badan kita dapat disedekahkan dengan cara memperbanyak aktifitas ibadah baik yang wajib mau pun yang sunnah. Membaca al-Qur’an, melengkapi sholat fardhu dengan sholat-sholat sunnah adalah dua di antara jenis aktifitas sedekah yang mudah.

Sementara itu, bagi orang lain anggota badan kita juga sebaiknya diupayakan agar dapat melakukan hal serupa. Memasak makanan untuk dibagikan sebagai takjil berbuka puasa adalah salah satu contoh sedekah yang mudah. Tak hanya itu, kita juga dapat menghabiskan waktu di masjid untuk membantu para marbot mempersiapkan perlengkapan ibadah tarawih berjamaah. Ya, begitulah kiranya cara yang bisa kita lakukan untuk menyedekahkan anggota badan kita. Insya Allah apa yang kita lakukan ini bisa mendapatkan keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Related Articles

Back to top button